Beranda Lintas Provinsi 158 Anggota LHP Resmi Dilantik Bupati Pesisir Barat

158 Anggota LHP Resmi Dilantik Bupati Pesisir Barat

98
0
Bupati Pesisir Barat, DR Drs H. Agus Istiqlal menyerahkan bantuan kepada anak yatim. (Foto/Andi)

Pesisir Barat, buktipers.com – Sebanyak 158 anggota Lembaga Himpun Pekon (LHP) dari 31 pekon yang berasal dari empat kecamatan, di Kabupaten Pesisir Barat, resmi dilantik.

Anggota LHP dari Kecamatan Karyapenggawa, Waykrui, Pesisir Tengah, dan Kecamatan Krui Selatan, resmi dilantik oleh Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal, pada Senin (21/10/2019), di halaman Kantor Kecamatan Krui Selatan.

Bupati Pesisir Barat, ucapan selamat kepada anggota LHP masa bhakti 2019-2025 yang baru dilantik. ” Semoga momentum ini akan menambah semangat baru dalam upaya kita membangun kabupaten Pesisir Barat,” ungkap Agus.

Sebagaimana diamanatkan Undang – undang Nomor 6 tahun 2014 tentang desa yang menyebutkan, bahwa Pemerintahan Pekon adalah Peratin bersama LHP dan  Pemerintah Pekon, bertanggungjawab kepada Bupati, sehingga satu tujuan mewujudkan masyarakat Pesisir Barat yang madani, mandiri dan sejahtera, ujarnya.

Baca Juga!  Luncuran Lava Pijar Merapi Malam Ini Hingga 1.400 Meter

Pihaknya berharap kepada para anggota LHP untuk segera menyesuaikan diri dan bekerja, agar memahami dengan situasi, kondisi, potensi, problematika, serta aspirasi yang ada di masyarakat.

“Selalu mengedepankan budaya jujur, gotong royong, kebersamaan dan terbuka di dalam bekerja dan melayani masyarakat, khususnya di pekon masing-masing,” jelas Agus.

LHP mempunyai 3 (tiga) fungsi utama, yaitu, membahas dan menyepakati rancangan peraturan pekon bersama peratin, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat pekon dan melakukan pengawasan kinerja peratin dalam melaksanakan pelayananan pembangunan pekon.

Para anggota LHP yang sudah dilantik. (Foto/Andi)

Oleh karenanya, kepada setiap anggota LHP tentunya kita harapkan agar senantiasa dapat memahami tugas dan fungsi serta meningkatkan kapasitas SDM dan inovasinya untuk menghindari persoalan hubungan disharmonis antara LHP dan Pemerintah Pekon yang acapkali terjadi akibat kesenjangan pemahaman atas pengetahuan regulasi yang ada.

Baca Juga!  Moeldoko Kukuhkan Bupati Pesisir Barat sebagai Salah Satu Pengurus Inti ASPEKSINDO

Selanjutnya, kekuatan LHP itu terletak pada kemampuan “check and balances”.

LHP memiliki hak bertanya, konfirmasi mengenai pembangunan pekon. Terkait apa saja program yang sudah berjalan dan yang tidak dijalankan. Oleh karena itu, LHP harus benar-benar bisa menjadi partner peratin dalam membangun pekonnya. LHP harus bisa menjadi pilar utama dan jembatan koordinasi kerja pemerintah pekon dan masyarakat.

“lHP tidak boleh atau dinilai hanya sebagai “pemberi stempel” untuk memberikan legitimasi kepada pemerintah pekon. Oleh karena itu, anggota LHP jangan sampai kurang memahami perumusan agenda – agenda yang diharapkan secara efektif dapat menciptakan pembaruan di pekon,” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Agus Istiqlal juga menyerahkan santunan, berupa sembako kepada anak yatim dari kecamatan Krui Selatan.

Baca Juga!  Sambut HBP ke 55, Napi dan Pegawai Rutan Kelas II Putussibau Berbaur dengan Masyarakat

Kegiatan tersebut, juga dihadiri seluruh kepala OPD, camat dan peratin pada anggota LHP yang dilantik.

(Andi)

Loading...