2 Pelaku Pencurian Septor di Parkiran SMAN 1 Sei Rampah Diciduk Polisi

0
146
Foto kedua pelaku dan barang bukti yang diamankan Polsek Firdaus.
Dijual Rumah

Sergai, buktipers.com – Personil Reskrim Polsek Firdaus, bekerjasama dengan Sat Reskrim Polres Sergai, akhirnya berhasil menciduk 2 terduga maling sepeda motor (Septor), di parkiran SMA Negeri 1 Sei Rampah, di Dusun XI Desa Firdaus, Rabu (29/9/2021) malam dari lokasi berbeda.

Personel gabungan dipimpin, Kanit Res Polsek Firdaus, Ipda Qori Oloan Siregar, melalui jaringannya, mendapat kan informasi kalau 1 unit Yamaha Scorpio warna hitam, yang dicuri dari parkiran SMAN I Sei Rampah, di Dusun XI Desa Firdaus, berada di Hamparan Perak, masuk wilayah hukum Polres Belawan.

Terduga MR alias Rio (18), warga jalan Pasar Lama Lk. 29, Kelurahan Pekan Labuhan, Kecamatan Medan Labuhan, berhasil diciduk dengan cara dipancing melalui under cover.

Dari mulut Rio yang “nyanyi”, kemudian dilakukan penangkapan terhadap MA alias Al (22), warga yang sama dengan Rio.

Saat dilakukan interogasi cepat, kedua pelaku mengaku kalau keduanya bersama 1 orang temannya (DPO), ada melakukan pencurian 2 unit sepeda motor, di lokasi parkiran SMAN 1 Sei Rampah (1 unit Yamaha Scorpio dan 1 unit Vario). Bahkan sebulan yang lalu, keduanya juga mengaku ada mencuri Yamaha Jupiter MX dan Kawasaki Ninja), di parkiran SMP Negeri I Liberia, Kecamatan Teluk Mengkudu, Sergai.

Bahkan, terungkap juga kalau kedua terduga ini pernah beraksi di wilkum Polres Tebing Tinggi dan Polsek Beras Tagi (Tanah Karo).

Pada saat dilakukan pengembangan  untuk pencarian barang bukti, kedua tersangka melakukan perlawanan dan berusaha melarikan diri. Selanjutnya dilakukan tindakan tegas dan terukur kepada kedua tersangka.

Personel gabungan berhasil mengamankan, 1 unit Yamaha Scorpio tanpa plat, dan 1 unit Honda Vario BK 6047 AEB (plat palsu), dan selanjutnya dibawa ke Polsek Firdaus guna proses sidik lebih lanjut.

Dari pengakuan Al tercetus, kalau orang tuanya berdomisili di Desa Pasar Baru, Kecamatan Teluk Mengkudu, jadi setidaknya dia mengerti situasi dan kondisi daerah.

Ketika melakukan pencurian di parkiran SMAN 1 Sei Rampah, kedua masuk dari pagar depan yang tidak dijaga oleh Satpam.

Begitu juga ketika keduanya ketika keluar membawa septor curian, saat itu Satpam yang bertugas menjaga pintu keluar/masuk sekolah, tidak berada di posnya.

Saat itu, Kepala Sekolah SMAN 1 Ridwan Ginting ketika dikonfirmasi wartawan mengatakan, kalau Satpam lagi ada di kantor mengantarkan berkas (merangkap portir).

Orangtua dari Tri Alfin Febrian (17), warga Desa Cempedak Lobang, dan Siti Ramadani (17), warga Desa Firdaus Estate, sangat gembira dan bersyukur dengan tertangkapnya pelaku.

Kapolres Sergai, AKBP Robinson Simatupang melalui Kapolsek Firdaus, AKP Idham Halik, didampingi Kanit Res Polsek Firdaus, Ipda Qori Oloan Siregar, ketika dikonfirmasi di Polsek Firdaus, Kamis (30/9/2021), membenarkan penangkapan ini.

“Pelaku masih diperiksa dan tidak tertutup ada perkembangan lain, dan terima kasih atas kerjasama semua yang telah membantu,”tandas Ipda Qori Siregar.

 

(ML.hrp)