2 WNA China Hipnosis Warga Pekanbaru dengan Modus Bawang Hijau Rp700 Juta

0
1
Ilustarsi penjara. (Net)
Dijual Rumah

Pekanbaru, buktipers.com -Dua warga negara asing (WNA) China ditangkap petugas Polresta Pekanbaru Riau terkait aksinya menipu dengan menghipnosis seorang warga Pekanbaru. Akibat kejadian itu, korban mengalami kerugian hingga Rp700 juta.

Dua WNA China yang sudah ditetapkan tersangka yakni Lin Xian Yang (44) dan seorang wanita Xao Hong (37). Dalam melakukan aksinya, keduanya dibantu oleh Meri Yana, warga Kabupaten Singkawang, Kalimantan Barat.

“Dalam aksi modus penipuan, korban mengalami kerugian dengan total Rp 700 juta,” kata Kapolresta Pekanbaru, Kombes Nandang Selasa (3/11/2020).

Berdasarkan laporan korban, Yusni warga Sukajadi, Pekanbaru bahwa aksi hipnosis itu terjadi  19 Oktober 2020. Saat itu korban rencana mau berbelanja buah dekat rumahnya.

Kemudian korban didatangi dua perempuan yang tidak lain adalah  Xao Hong dan Meri. Keduanya mengajak Yusni bercerita kalau mereka punya bawang berwarna hijau yang bisa bermanfaat sebagai obat.

Korban mulai tertarik dengan ‘jual kecap’ kedua pelaku yang baru dikenalnya itu. Setelah itu, keduanya mengajak Yusni pergi ke mobil yang dibawa tersangka untuk menunjukkan bawang.

Di mobil sudah ada Lin Xian Yang. Disaat bertemu dengan korban, pria warga Jakarta Utara ini pun menghipnosisnya. Korban akhirnya menuruti permintaan pelaku dan dibawa ke dalam mobil.

“Korban menarik uang Rp 452 juta dari bank. Korban juga mau saja mengambil perhiasan di rumahnya dan menyerahkan kepada pelaku. Sehingga total kerugian Rp 700 juta,” katanya.

Setelah itu, pelaku meninggalkan korban di tepi jalan. Korban akhirnya sadar dan melaporkan kejadian ini ke kantor polisi.

 

Sumber : iNews.id