243 Warga Binaan Lapas Sibolga Ikut Memilih..

0
127
Loading...

Buktipers.com – Tapteng (Sumut)

Akhirnya warga bianaan di Lapas Sibolga bisa memilih sebanyak 243 orang.Lapas Klas II A Sibolga ini terdapat Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang dikeluarkan hanya bagi 56 orang Napi saja.
Kendati masih terdapat 177 Napi pemilih lainnya yang akan mencoblos menggunakan Surat Keterangan (Suket) atau sebagai DPTh.

“Yang kita usulkan itu 846 orang, tapi karena aturan KPU e-KTP harus direkam, yang terbit DPT cuma 56 orang,” ujar ketua KPPS Hajanul P Siregar.

Plh Kalapas Sibolga I Gusti Lanang ditemui diruangannya menyebutkan, selain 56 DPT dan 177 DPTh itu, terdapat 10 pemilih lainnya yang berasal dari para petugas.

“Yang sepuluh ini karena domisilinya di Medan,” kata Gusti.

Baca Juga!  Padati Asrama Haji, Upacara Pembukaan TMMD Kodim 0211/TT Di Buka Dengan Pemukulan Gong

Gusti menerangkan, jumlah warga binaan di Lapas itu sebanyak 1.119 orang. Ratusan napi lainnya yang tak ikut mencoblos, disebabkan tak terdaftar di DPT atau tak mendapat Suket.

“Mereka yang memenuhi syarat ya sejumlah 200 an itu, warga lainnya tidak bisa menunjukkan e KTP atau formulir A 5, dan C 6 juga tidak bisa didatangkan dari rumah,” katanya.

Gusti menerangkan tak ada pengamanan khusus selama pencoblosan berlangsung. Kendati para petugas luar seperti Satpol PP ikut membantu pengamanan.

“Karena kegiatan juga di dalam blok. Tapi ada dari luar membantu dari satpol PP,”tutur Gusti menambahkan.(Job purba)

Loading...