Beranda Lintas Provinsi 28 Desa di Konawe Utara Banjir, Warga Terjebak di Gundukan Tanah-Atap Rumah

28 Desa di Konawe Utara Banjir, Warga Terjebak di Gundukan Tanah-Atap Rumah

18
0
Banjir di Konawe Utara (Istimewa).
Loading...

Buktipers.com – Konawe Utara

28 Desa di 6 kecamatan di Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra) terendam banjir. Hingga saat ini masih banyak warga terjebak di gundukan tanah dan atap rumah.

“Masih banyak warga yang terjebak di antara gundukan tanah atau di atas rumah,” ujar Bupati Konawe Utara Ruksamin, Minggu (9/6/2019).

Hingga saat ini pemerintah daerah setempat bersama BPBD masih terus berupaya melakukan evakuasi terhadap warga yang terjebak. Namun evakuasi terhambat arus air yang deras.

“Sementara kami masih terus melakukan evakuasi. Masing-masing, seperti desa Tapuwatu kami evakuasi ke Desa Tangguluri karena di situ dipisahkan arus yang cukup deras sehingga menyulitkan kami untuk mengevakuasi mereka,” katanya.

Baca Juga!  13 Orang Tewas, Nakhoda Kapal Tenggelam di Kalbar Jadi Tersangka

Ada 4 kecamatan yang belum bisa diakses oleh tim SAR untuk mengevakuasi warga yang terjebak. Bahkan ada 1 kecamatan yang seluruh desanya terendam banjir.

“Kami belum bisa mengakses transportasi di 4 Kecamatan, kemarin di Kecamatan Oheo itu kami diinformasikan itu baru 5 desa terendam, sekarang sudah rata semuanya, se-Kkecamatan Oheo. Kecamatan Langgigima diiformasikan satu desa. Di sisi lain debit air semakin naik,” ungkap Ruksamin.

Selain itu, komunikasi tim SAR dengan warga yang terjebak banjir juga terkendala akses komunikasi. Ruksamin menambahkan, banjir telah memutuskan aliran listrik dan memutuskan akses informasi kepada warga.

“Rumah terendam itu ribuan unit (terendam), belum bisa kami pastikan jumlahnya, sementara masih pendataan, karena akses informasi terputus, listrik terputus, kemudian jembatan putus,” tuturnya.

Baca Juga!  Banjir Usai Lebaran Landa Sulawesi dan Kalimantan

Banjir di Konawe Utara terjadi sejak Minggu (2/6) lalu. Banjir disebabkan hujan yang mengguyur Konawe Utara tanpa henti sejak Jumat (31/5) lalu hingga hari ini.

 

Sumber : detik.com

Loading...