3 Bulan Dirumahkan Tanpa Gaji, Puluhan Karyawan Hotel di Medan Unjuk Rasa

0
4
Demo karyawan salah satu hotel berbintang di Medan. (Foto: iNews/Ahmad Ridwan Nasution)
Dijual Rumah

Medan, buktipers.com – Puluhan karyawan hotel bintang lima di Kota Medan, Sumatera Utara berunjuk rasa, Senin (19/10/2020) siang. Mereka menuntut pembayaran upah yang tidak diterima selama tiga bulan terakhir.

Koordinator aksi Agus Azhar mengatakan, ada sebanyak 300-400 karyawan yang telah dirumahkan. Sampai saat ini, mereka tidak menerima upah.

Tidak hanya itu, karyawan yang masih bekerja juga dijadikan pekerja harian. Mereka dibayar Rp68.000 per hari dengan total 10 hari selama sebulan.

“Kami hanya minta tolong dengar jeritan kami. Kami tidak minta gaji penuh di masa covid, hanya tolong perusahaan mau berempati,” kata Agus di sela-sela demo.

Menurutnya, hasil pertemuan dengan menagemen juga tak tak memuaskan. Sampai saat ini tak ada kejelasan soal pembayaran terhadap upah karyawan yang dirumahkan.

“Orang yang menerima aspirasi demo kami bukan dari top level managemen. Mereka tidak bisa memberi kami jawaban maupun keputusan soal nasib kami,” ujarnya.

Sementara itu, manajemen hotel mengaku sudah mediasi dengan para pekerja dan Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Medan. Mereka meminta para karyawan agar memahami situasi dan juga sudah dilakukan beberapa kali pertemuan untuk membahas soal hak para pekerja.

“Memang disayangkan (Demo) ini terjadi. Sudah beberapa kali pertemuan, ketika mereka datang pun kami jumpai. Sudah mediasi juga di Disnaker dan sesuai aturan UU, yang bekerja dibayar yang tak kerja tak dibayar. Kami minta bersabar dulu karena ini masa covid,” ujar  Kepala Personalia Domian Napitupulu.

 

Sumber : iNews.id