3 Desa di Kecamatan MHS Diperiksa Inspektorat Ketapang Terkait Penggunaan ADD dan DD 2018-2019

0
1231
Kantor Camat Matan Hilir Selatan yang dijadikan tempat pemeriksaan reguler oleh Irban 2 Inspektorat Kabupaten Ketapang. (Foto/AGS)
Dijual Rumah

Buktipers.com – Ketapang (Kalbar)

Pihak Inspektorat Kabupaten Ketapang  melakukan pemeriksaan reguler terhadap 3 desa di Kecamatan Matan Hilir Selatan (MHS).

Pemeriksaan tersebut, dilakukan di kantor Kecamatan MHS, pada Kamis (25/7/2019), pukul 09.00 WIB.

Adapun tiga desa yang diperiksa, yaitu, Desa Pesaguan Kanan,  Sungai Nanjung, dan Pagar Mentimun.

Ketiga desa tersebut, diperiksa lantaran terkait dugaan ketidak sesuaian fisik di lapangan dengan Laporan Pertanggung Jawaban (SPJ) atau Peraturan Desa (Perdes) dalam penggunaan Anggaran Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) Tahun 2018-2019.

Dalam pemeriksaannya, Inspektorat memanggil pihak Tim Pelaksana Kerja (TPK) dari ketiga desa tersebut untuk dimintai keterangan dan juga menghadirkan Bendahara Desa masing-masing untuk dilakukan audit administrasi terkait SPJ dan Perdesnya.

Inspektorat dan Sekcam saat memberikan keterangan terkait pemeriksaan reguler 3 Desa. (Foto/AGS)

Inspektorat Kabupaten Ketapang, melalui Ispektur Pembantu (Irban) Wilayah 2 Kecamatan MHS, Yunifar P saat ditemui buktipers.com, Kamis (25/7/2019), usai melakukan pemeriksaan mengatakan, “Saya selaku Irban Kawil 2 MHS,  sesuai dengan surat tugas melakukan pemeriksaan reguler kepada tiga desa di Kecamatan MHS ini. Adapun ketiga desa yang kami periksa, yaitu Desa Pesaguan Kanan, Desa Sungai Nanjung, dan Desa Pagar Mentimun,”ujarnya.

Lanjutnya, pemeriksaan tersebut terkait proyek ADD dan DD tahun 2018-2019.

Untuk Desa Sungai Nanjung dan Pagar Mentimun, kami melakukan pemeriksaan ADD dan DD-nya Tahun 2018 dan untuk Desa Pesaguan Kanan, kami periksa ADD dan DD-nya Tahun 2019, elasnya.

Sambungnya, setelah melakukan pemberitahuan melalui Camat, pihaknya langsung ke lokasi pekerjaan dengan mengecek SPJ yang asli dan Perdes yang asli, guna menyandingkan dengan data real sempeling di lapangan.

Setelah itu kami melakukan pemeriksaan di kantor untuk dilakukan klarifikasi. Jika ada temuan, barulah kami mengeluarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP), paparnya.

Sementara itu, Okto Sutarji, selaku Sekcam mengatakan, “hari ini ada pemeriksaan oleh Inspektorat Ketapang terkait ADD dan DD. Diduga pemeriksaan tersebut karena adanya temuan, ujar Okto.

 

(AGS)