Beranda Lintas Provinsi 3 Kali Tidak Menemui Kesepakatan, Rapat Investasi Tambang di Air Upas Ricuh...

3 Kali Tidak Menemui Kesepakatan, Rapat Investasi Tambang di Air Upas Ricuh Lagi

149
0
Foto rapat sosialisasi investasi lanjutan antara PT.RIM dan PT.CMI di kator Camat Air Upas.

Ketapang, buktipers.com – Rapat lanjutan sosialisasi penyingkronisasian  investasi tambang, di Air Upas, kembali menuai jalan buntu dan diwarna kericuhan.

Pasalnya, sejumlah pihak tidak mau menerima apa yang sudah disepakati. Hal itu dikarenakan hasil rapat yang sudah disepakati sebelumnya, tidak ada dibahas dalam lanjutan rapat kali ini.

Adapun rapat tersebut dihadiri, unsur para pimpinan Kecamatan Air Upas, yaitu Polsek Marau, Danramil, Kades Air Upas, BPD Air Upas, PT.Harita, PT.CMI, PT.BRS, PT.RIM, Koperasi Panji Paoh, DAD dan para tokoh masyarakat.

Dalam rapat, banyak berbagai pihak berpendapat, bahwasannya rapat pada tanggal 3 Desember 2019 tersebut, sangat syarat dengan kepentingan oknum dan penuh dengan rekayasa dan cendrung memihak kesalah satu individu maupun kelompok, yang takut kehilangan dengan investasi yang sudah dijanjikan.

Baca Juga!  47 Unit Ranmor Dan 75 Orang Remaja Terjaring Operasi Balap Liar Polres Ketapang.

“Rapat kali ini sangat penuh dengan rekayasa dan cendrung memihak kesalah satu individu atau kelompok tertentu., Mungkin diduga mereka ada dijanjikan sesuatu oleh oknum, sehingga takut kehilangan investasinya, “kata Direktur PT. Benuah Rimba Sejahtera (BRS), Robert Jatzuaki Sampaou, kepada buktipers.com.

Lanjutnya, “Yang lebih mengherankan, kenapa hasil rapat sebelumnya tertanggal 29 November 2019 yang jelas – jelas disitu ada point – point’ penting yang mungkin bisa terurai masalah ini, kok tidak dibuka lagi dan menjadi bahasan lanjutan dalam rapat kali ini. Ada apa semua ini,”tanya Robert suara tinggi.

Sementara itu, Hendra yang mewakili Pimpinan PT.CMI, mengatakan, “Permasalahan ini semoga cepat dicarikan solusinya, agar tidak berkepanjangan. Saya berharap semoga ada titik terang dan solusi yang bisa ditempuh agar semua permasalahan cepat terselesaikan dengan baik,”ujarnya.

Baca Juga!  Pria Ini Nekat Tusuk Istri dan Anak Lalu Coba Bunuh Diri

Saat dikonfirmasi terkait rapat tersebut, Camat Air Upas, H Matjuni menjelaskan “Sesuai dengan hasil rapat singkronisasi investasi daerah di Kabupaten Ketapang, Pemerintah Kecamatan berperan membantu kegiatan sosialisasi dan koordinasi operasional PT. RIM dan PT.CMI, “jelasnya.

Lanjutnya, “Dikarenakan gagal menemukan kata kesepakatan, serta untuk mempertimbangkan keamanan masyarakat, tadi saya beserta Polsek, Danramil, Kades, BPD, tokoh adat dan tokoh masyarakat, telah melakukan perembukan, guna menentukan langkah selanjutnya. Sesuai kesepakatan lanjutan sosialisasi, pada tanggal 4 Desember 2019, ditunda hingga ada keputusan mediasi lanjutan di tingkat kabupaten, “pungkasnya.

 

(AGS)

Loading...