3 ‘Kartini’ Terkaya di RI, Hartanya Ada yang Tembus Rp 21 T

0
1
Salah Satu 'Kartini' Terkaya, Marina Budiman/Foto: Dok. Forbes
Dijual Rumah

Jakarta, buktipers.com – Setiap tanggal 21 April selalu diperingati sebagai Hari Kartini. Dewasa ini juga sudah banyak ‘kartini-Kartini’ lain yang kian mengharumkan nama baik perempuan, termasuk 3 ‘Kartini’ terkaya di Indonesia,

Sebagai informasi, Raden Ajeng (R.A.) Kartini sendiri dikenal dengan surat-surat kirimannya tentang emansipasi perempuan dan semangat maju dengan pendidikan. Berkat dirinya, kini perempuan tidak lagi dianggap sebagai sosok yang hanya bisa berdiam di rumah, mengurus suami dan anak.

Berkat jasanya, para perempuan Indonesia kini bisa mengenyam pendidikan setinggi-tingginya, berpartisipasi dalam kursi pemerintahan, atau bekerja dengan profesi tinggi dan kedudukannya setara dengan laki-laki.

Oleh sebab itu, di era modern ini perempuan-perempuan Indonesia juga sudah tidak kalah dari kebanyakan laki-laki, termasuk dalam hal mencari nafkah. Kekuatan perempuan Indonesia juga nampak dari daftar 50 orang terkaya di Indonesia.

Akhir tahun lalu, Forbes mengungkap 50 orang terkaya di Indonesia. Meski didominasi oleh laki-laki, setidaknya terdapat tiga perempuan yang berhasil unjuk gigi dan masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes.

Lantas siapa saja Kartini-kartini tersebut??

1.Marina Budiman – Peringkat 30

Marina Budiman menjadi salah satu wanita terkaya di Indonesia dari data yang dikumpulkan Forbes. Marina bisa disebut pendatang baru karena sebelumnya belum pernah masuk dalam daftar. Kekayaannya tidak lepas dari kenaikan saham PT DCI Indonesia Tbk (DCII) setelah go public.

Wanita kelahiran tahun 1961 yang merupakan salah satu pendiri PT DCI Indonesia itu disebut punya kekayaan bersih US$ 1,5 miliar atau sekitar Rp 21,45 triliun. Perusahaannya sendiri bergerak di bidang operator pusat data dan menjadi yang terbesar di Indonesia.

Namun berdasarkan laporan dari Forbes real time billionair, Kamis (21/4/2022), sekarang ini dirinya ditaksir memiliki kekayaan bersih sebesar US$ 1,3 miliar atau setara dengan Rp 18,59 triliun.

2.Arini Subianto – Peringkat 44

Arini Subianto menempati urutan 44 dalam daftar orang terkaya Indonesia 2021. Wanita yang menjabat sebagai presiden direktur perusahaan induk keluarga, Persada Capital Investama tersebut dilaporkan punya kekayaan bersih US$ 975 juta (Rp 13,94 triliun). Bisnisnya adalah pengolahan kayu dan minyak sawit hingga pengolahan karet dan batu bara.

Berbeda dengan Marina, Arini bisa dibilang langganan masuk daftar orang terkaya. Ia memang dikenal sebagai salah satu pengusaha sukses dan wanita Indonesia pertama yang menyandang status terkaya. Sosialita 52 tahun itu merupakan anak pertama Benny Subianto yang mewariskan perusahaan kepadanya sebagai anak pertama.

3.Kartini Muljadi – Peringkat 50

Meski berada di peringkat paling buncit dalam daftar orang terkaya 2021 versi Forbes, tentu harta Kartini Muljadi tidak lah sedikit. Ia disebut punya total kekayaan bersih US$ 695 juta atau setara dengan Rp 9,9 triliun.

Kartini adalah salah satu pemilik dari Tempo Group yang membawahi Tempo Scan Pacific. Dikatakan jika sebelumnya wanita 91 tahun tersebut adalah seorang hakim. Tak heran jika ia juga memiliki sebuah firma hukum bernama Kartini Muljadi & Rekan.

 

Sumber : detik.com