4 Kecamatan masih Darurat Stunting di Kapuas Hulu, Salah Satunya Kampung Halaman Bupati

0
256
Ilustrasi. (Net)
Dijual Rumah

Buktipers.com – Kapuas Hulu (Kalbar)

Dari empat kecamatan yang dinyatakan darurat stunting oleh Dinas Kesehatan Kapuas Hulu, ternyata salah satunya kecamatan Bunut Hilir, yang merupakan kampung halaman Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir.

Stunting itu ada di Kabupaten Kapuas Hulu, yaitu di empat kecamatan, masing – masing kecamatan Bunut Hilir, Embaloh Hilir, Jongkong dan ada satu kecamatan lagi, kata Bupati kepada wartawan, usai rapat koordinasi lintas sector, di Gedung DPRD Kapuas Hulu, Rabu (6/3/2019) siang.

Dikatakan Nasir, berdasarkan medis, stunting bukan karena faktor keturunan, melainkan lebih kepada pola makan, seperti asupan gizi, protein dan vitamin masyarakat itu sendiri.

Lanjutnya, masyarakat Kapuas Hulu tak perlu takut untuk mengatasi stunting, karena sudah ada tim. Tetapi perlu lagi sinergitas dari pemangku kepentingan mulai dari Bupati sampai tingkat kecamatan dan desa, termasuk masyarakat, katanya.

“Yang jelas, stunting itu harus teratasi agar generasi – generasi kita bisa normal sesuai standar kesehatan,”kata Nasir.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kapuas Hulu, Harisson, mengatakan, persoalan stunting ini merupakan persoalan nasional, termasuk juga Kabupaten Kapuas Hulu.

“Stunting itu lebih ke pola makan dan asupan gizi, seperti Kecamatan Bunut Hilir, daerah penghasil ikan, akan tetapi belum juga masyarakat gemar mengkonsumsi ikan atau pola makan yang memberikan asupan gizi dan protein serta gizi lainnya, ”ungkapnya.

Perlu sinergitas semua pihak pemangku kepentingan, untuk saat ini pemerintah sudah berusaha untuk mengatasi, ujarnya.

“Jaga pola hidup sehat dan komsumsi makan makanan yang bergizi,”pesannya.

Perlu diketahui, penyakit stunting merupakan masalah gizi kronis/gizi buruk yang mengakibatkan ukuran anak tidak sesuai usia, atau kelainan masa pertumbuhan pada anak.

(Bayu)