4 Lokasi di Sumut Jadi Food Estate, Jokowi: Fokus Kentang, Bawang Merah dan Putih

0
6
Presiden Jokowi menunjukkan kentang hasil panen di food estate Humbahas. (Foto: Setpres)
Dijual Rumah

Jakarta, buktipers.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi lumbung pangan baru atau food estate di Desa Ria-Ria, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara, Selasa (27/10/2020) siang. Di wilayah Sumut ini, ada empat lokasi yang ditunjuk jadi food estate.

“Siang hari ini kita berada di Sumatera Utara, tepatnya di Kabupaten Humbang Hasundutan. Di sini sesuai dengan rencana akan dikerjakan food estate. Kita memiliki dua yang akan kita pakai untuk memulai program lumbung pangan atau food estate. Yang pertama di Provinsi Sumatera Utara dan, kedua di Provinsi Kalimantan Tengah,” ujar Jokowi saat meninjau di lokasi, Selasa (27/10/2020).

Lokasi food estate di Sumut memiliki ketersediaan lahan seluas 60.000 hektare. Namun saat ini yang digunakan untuk pengembangan lumbung pangan baru seluas 30.000 ha.

“Letaknya di Kabupaten Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah dan Pakpak Bharat. Lokasi tersebar tetapi tetap di Provinsi Sumatera Utara,” katanya.

Presiden mengatakan, fokus pengembangan lumbung pangan di Sumut dan Kalteng berbeda. Untuk Kalteng fokus pada pengembangan padi dan singkong.

“Yang akan ditanam di sini seperti kita lihat, yaitu pertama untuk tanaman kentang, kedua bawang merah lalu bawang putih,” ucapnya.

Jokowi menuturkan, proses pengembangan lumbung pangan sudah mulai dilakukan. Hasilnya dapat dilihat kira-kira dalam waktu 2 hingga 2,5 bulan mendatang.

“Saya rasa kita ingin melihat model bisnis seperti apa. Proses bisnis yang akan dilakukan di sini seperti apa. Hitung-hitungannya sudah ada. Ini akan jadi contoh bagi provinsi-provinsi lain yang ingin membuat food estate,” ujar Jokowi. Dita angga

 

Sumber : iNews.id