4 Pelaku Spesialis Pembobol Rumah Kosong Diciduk Polres Sergai

0
8765
Keempat tersangka (tengah) dan barang bukti yang diamankan Team Scorpions Satreskrim Polres Sergai.
Dijual Rumah

Sergai, buktipers.com – Team Scorpions Satreskrim Polres Sergai, berhasil meringkus 4 pelaku spesialis bongkar rumah atau tindak pidana pencurian dengan pemberatan (Curat), di wilayah hukum Polres Sergai. Dan dari empat orang pelaku, satu diantara anak di bawah umur.

Adapun ke empat pelaku, yakni, M.Andre Utama (24), Riko Irfandi (23), Budianto (18) dan IAA (16). Keempat pelaku, yang merupakan warga Kampung Tempel Dusun V,  Desa Pon, Kecamatan Sei Bamban, Sergai itu, ditangkap pada Kamis malam lalu (7/5/2020), pukul 21:00 WIB, tepatnya di depan Terminal Sri Mersing TebingTinggi.

Dari penangkapan para pelaku, Team Scorpions berhasil mengamankan barang bukti, 1 buah pintu besi coklat, 3 buah pintu kayu warna hijau, 1 buah pintu plastik kamar mandi warna krim dan 1 buah spring bed warna coklat.

Kapolres Sergai, AKBP Robin Simatupang, SH, M.Hum, didampingi Kasat Reskrim, AKP Pandu Winata SH, SIK, MH, kepada awak media, Jumat (8/5/2020) mengatakan, kejadian itu diketahui saksi Andi (34), warga Dusun II, Kp. Tempel, Desa Pon, Kecamatan Sei Bamban, saat datang ke toko milik korban, Andy Halim Putra (45), warga Desa Pon.

Saat itu, saksi berniat mau belanja dan melihat rumah korban tidak ada penghuninya (kosong-red) dan melihat situasi rumah milik korban seperti dibongkar orang.

Namun saksi tidak mengetahui, apa saja yang hilang dari rumah tersebut. Saksi melaporkan kejadian itu kepada korban. Selanjutnya, korban dan saksi kembali mengecek isi rumah tersebut, dan setelah dilihat, ternyata beberapa barang, seperti pintu kayu, tempat tidur dan pintu piber hilang yang ditaksir sebesar Rp 10.000.000 (Sepuluh juta rupiah).

Atas kejadian tersebut, korban membuat pengaduan ke Mapolres Sergai, kata AKBP Robin.

Setelah dilakukan pemeriksaan para saksi, serta penyelidikan, akhirnya diketahui kalau para tersangka akan melarikan diri ke Pekanbaru (Riau).

Akhirnya 3 orang tersangka, M. Andre Utama (24), Riko Irfandi (23), dan IAA (16), berhasil ditangkap saat akan naik bus KUPJ, di depan Terminal Sri Mersing Tebing Tinggi.

Sedangkan tersangka Budianto ditangkap saat berada di rumah sedang tidur dalam kamar. Kemudian para tersangka langsung digelandang ke Mapolres Sergai, ujar Kapolres Sergai.

Hasil interogasi, tersangka Riko Irfandi alias Rico mengaku, melakukan pencurian pada hari Kamis (30/4/2020) lalu, pukul 01:00 WIB, di rumah kosong.

Tersangka Rico dan Budianto, berperan mengambil dan melangsir barang curian dengan mengunakan sepeda motor. Sedangkan IAA dan M. Andre Utama, melangsir hasil kejahatan.

Atas perbuatannya, para tersangka dijerat pasal 363 ayat 1 ke 3e, 4e, 5e dan ayat 2 dari KUHPidana dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara, tegas AKBP Robin.

 

(ML.hrp)