42 Kendaraan Pemudik Diminta Putar Balik di Perbatasan Sumut

0
137
Ditlantas Polda Sumut serius melarang warga atau masyarakat untuk mudik ke kampung halaman. (Foto: SINDOnews/Sartana Nasution)
Dijual Rumah

Medan, buktipers.com – Sebanyak 42 kendaraan pemudik diminta memutar balik saat melintas di perbatasan Sumatera Utara (Sumut). Langkah tegas ini dilakukan petugas Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Sumut yang berjaga di pos pengamanan.

“Kami menyuruh mereka untuk putar balik dan tidak boleh mudik. Ada sekitar 42 kendaraan yang dikembalikan,” kata Dirlantas Polda Sumut Kombes Pol Kemas Ahmad Yamin, Kamis (30/4/2020).

Dia menjelaskan, ke-42 kendaraan itu masing-masing terdiri atas 13 motor, 21 mobil dan delapan bus. Mereka diminta putar balik dan kembali ke daerah asal.

“Berarti mereka tidak mengindahkan imbauan dari pemerintah untuk larangan mudik selama pandemi corona. Makanya kami langsung menyuruh mereka balik di perbatasan Sumut,” katanya.

Mengenai ke-42 kendaraan yang dikembalikan itu rata-rata melintas di perbatasanSumut dengan provinsi Aceh, Riau dan Padang (Sumatera Barat).

“Kami akan terus jaga perbatasan agar tidak ada warga ataupun masyarakat yang melakukan mudik,” ucapnya.

Menurutnya, larangan mudik hanya berlaku kepada mereka yang memang berniat pulang kampung. Namun bagi para pekerja maupun pengguna jalan lain yang kebetulan melintas di daerah perbatasan tetap dapat melintas.

“Kalau tidak mudik, pasti akan kami suruh melintas. Dan kami juga mengetahui orang itu mudik atau tidak,” katanya.

 

Sumber : iNews.id