5 Desa di Deli Serdang Diterjang Puting Beliung, 1 Anak Tewas

0
1
Rumah warga rusak berat diterjang angin puting beliung. [Ist]
Dijual Rumah

Deliserdang, buktipers.com – Angin puting beliung menerjang Kabupaten Deli Serdang, pada Senin (29/6/2021) sore. Insiden itu mengakibatkan sejumlah rumah warga rusak, dan satu orang anak meninggal dunia.

Kepala BPBD Deli Serdang Zainal Abidin Hutagalung mengatakan, ada sekitar 5 desa di Kabupaten Deli Serdang yang terdampak angin puting beliung. Adalah Desa Tanjung Anom, Tanjung Selamat, Kutalimbaru, Sei Glugur, ada juga Bangun Purba.

“Angin puting beliung mengakibatkan atap rumah warga rusak. Satu anak laki-laki berinisial TA berusia 7 tahun meninggal dunia di Desa Tanjung Anom, Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang,” katanya, kepada SuaraSumut.id, Selasa (29/6/2021).

Korban tewas karena tertimpa material bangunan saat angin puting beliung menerjang dengan dahsyatnya.

“Ya, satu anak meninggal dunia,” jelas Zainal.

Kekinian pihaknya masih melakukan pendataan terhadap seluruh korban terdampak angin rumah, yang diperkirakan merusak ratusan rumah lebih.

“Ini lagi di data, kami sedang kesulitan karena listrik padam, dan akses masuk sulit,” ujarnya.

Camat Sunggal Eko Sapriadi menambahkan, di Desa Tanjung Selamat, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang, ada seratus rumah yang porak poranda dihantam angin puting beliung.

“Ada seratus rumah rusak, korban jiwa di wilayah kita tidak ada, ini sudah kita data dan salurkan bantuan kepada para korban,” imbuhnya.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan, memperkirakan cuaca ekstrem berupa hujan disertai angin kencang masih berpeluang melanda wilayah Sumut.

“Waspada hujan lebat disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah pesisir timur dan lereng barat dan timur serta pegunungan,” ujar Forecascter BMKG Medan Endah Paramitha.

Ia menganalisa hujan mengguyur sepanjang hari ini di wilayah Sumut. Pada siang hari cuaca berawan dan berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang di Langkat, Binjai, Deli Serdang, Karo, Simalungun, Pematangsiantar, Pakpak Bharat, Humbahas, Taput , Toba, Samosir, Tapteng, Madina, Asahan, Tanjung Balai, Labura, Labuhanbatu dan sekitarnya.

“Sore hingga malam hari berawan dan berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang di Langkat, Binjai, Deli Serdang, Karo, Simalungun, Pematangsiantar, Humbahas, Toba, Samosir, Asahan, Tanjung Balai, Labura, Labuhanbatu dan sekitarnya,” tukasnya.

 

Sumber : suara.com