52 Terduga Pelaku Kerusuhan di Yahukimo Ditangkap, Ini Kata Polda Papua

0
1
Kerusuhan di Yahukimo, Papua berujung pada pembakaran rumah warga, Minggu (3/10/2021). (foto: Polda Papua)
Dijual Rumah

Jayapura, buktipers.com – Kerusuhan pecah di Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua, Minggu (3/10/2021). Kelompok warga dari suku Kimyal diduga menyerang masyarakat suku Yali hingga menimbulkan korban tewas dan luka-luka.

Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Polisi Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, saat ini aparat di Yahukimo telah menangani kasus tersebut. Puluhan orang yang diduga pelaku penyerangan telah diamankan untuk diminta keterangan.

“Saat ini ke 52 orang dalam pemeriksaan intensif penyidik Polres Yahukimo,” ujar Kamal di Jayapura, Papua, Minggu (3/10/2021) malam.

Menurutnya, langkah-langkah yang dilakukan polisi yakni mendatangi dan mengamankan TKP, mengevakuasi masyarakat suku Yali yang menjadi korban aksi penyerangan ke RSUD Dekai. Selain itu melakukan pendekataan terhadap para tokoh masyarakat untuk kepentingan penyelidikan.

“Kasus ini telah ditangani Polres Yahukimo,” katanya.

Kamal menjelaskan, aksi penyerangan tersebut berawal dari berita duka yang diterima masyarakat Suku Kimyal atas meninggalnya mantan Bupati Yahukimo Abock Busup di Jakarta pada Minggu pagi.

“Saat ini Masyarakat masih mengamankan diri di Mako Polres Yahukimo. Personel gabungan TNI dan Polri terus berpatroli dan menjaga titik berkumpulnya masa untuk mencegah terjadi hal yang tidak diinginkan sehingga dapat mengganggu stabilitas keamanan di Kabupaten Yahukimo,” ujar Kamal.

Polisi juga mengamankan barang bukti satu unit minibus yang digunakan pelaku untuk melakukan aksi penyerangan. Kemudian mengevakuasi warga terluka ke RSUD Dekai.

 

Sumber : iNews.id