6 Bulan Tak Terima Gaji, Perangkat Desa Jatimulyo Sergai Mogok Kerja

0
102
Perangkat Desa Jatimulyo Sergai gelar unjuk rasa dan pilih mogok kerja.
Dijual Rumah

Sergai, buktipers.com – Seluruh Perangkat Desa, di Desa Jatimulyo, Kecamatan Pegajahan, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), menggelar aksi damai, menuntut pencairan honor yang belum dibayarkan selama 6 bulan, di Kantor Desa Jatimulyo, Selasa (13/10/2020) sore.

Dalam aksi itu, para Perangkat Desa membawa poster ke kantor desa, diantaranya bertuliskan “Pak DPRD, pak Pjs Bupati tolong berikan hak kami, perangkat desa. “Kami juga manusia sebagai perangkat desa, kami juga punya keluarga butuh makan. Kepada pak Pjs mohon cairkan honor kami”.

“Diberitahukan kepada seluruh masyarakat, bahwa mulai hari ini dan sampai waktu yang belum ditentukan, kami Pemdes dari Kantor Desa untuk sementara kami tutup berhubung honor kami sudah 6 bulan belum dibayar, mohon kepada Bu Camat, PMD, Bupati untuk menindaklanjuti permasalahan ini terima kasih.”

“Bu Camat tolong fasilitasi agar honor kami dapat dicairkan”.

Kasi Pelayanan Jatimulyo, Hengky Hermawan, kepada wartawan, melalui telepon selulernya, mengatakan,  seluruh Perangkat Desa Jatimulyo, menuntut honor selama 6 bulan yang tidak dibayarkan.

“Apalagi di tengah pandemi Covid-19, jadi kebutuhan ekonomi sangat diperlukan. Selain itu juga, terkendala dengan penyedian Alat Tulis Kantor (ATK) sehingga mengganggu pelayanan masyarakat,”ujarnya.

Masih kata Hengky, tidak keluarnya gaji para perangkat desa, terkendala karena ADD yang belum dicairkan.

“ADD belum cair, jadi disitu lah untuk pembayaran penghasilan tetap (siltap)/honor perangkat desa. Jadi kami mohon Pemerintah Kabupaten dan DPRD Sergai agar memperjuangkan aspirasi kami ini,”tutupnya.

Sementara, Kepala Desa Jatimulyo, Suyanto, kepada media ini, membenarkan aksi damai perangkat desanya yang menuntut gaji 6 bulan agar dibayarkan.

“Memang benar belum gajian selama 6 bulan, karena ADD belum dicairkan. Semoga ini segera ditanggapi,”katanya.

Terpisah, Camat Pegajahan, Jurna Elvida saat dikonfirmasi wartawan menjelaskan, memang benar perangkat desa se-Kecamatan Pegajahan belum gajian.

Terkait aksi damai perangkat desa, menurut Camat Pegajahan, pihaknya akan melakukan mediasi hari ini dengan Kepala Desa dan perangkat desa. Ia berharap pelayanan masyarakat tetap dibuka di Kantor Desa Jatimulyo.

“Insya Allah, besok Rabu (13/10/2020), saya dan Kepala Desa Jatimulyo akan berkoordinasi dengan Dinas PMD Sergai,”pungkasnya.

 

(ML.hrp)