7.617 Personil Linmas Apel Siaga

0
454
IMG-20180206-WA0033
Dijual Rumah

Buktipres.com – Lumajang (Jawa Timur)

Sejumlah 7.617 personil Satlinmas (Satuan Perlindungan Masyarakat) mengikuti Apel Siaga Kelinmasan di Stadion Semeru Lumajang, Selasa pagi (06/02/2018).

Apel Siaga Kelinmasan itu diselenggarakan, sebagai tindak lanjut Permendagri No 84 tahun 2014 tentang penyelenggaraan perlindungan masyarakat dan permendagri nomor 10 tahun 2009 tentang penugasan satuan perlindungan masyarakat dalam penanganan ketenteraman, ketertiban, dan keamanan penyelenggaraan pemilihan umum, serta mewujudkan misi pembangunan yang ketiga RPJMD.

Bupati Lumajang, Drs. H. As’at, M. Ag.,  menjadi pembina pada Apel Siaga dengan tema “Tiga Pilar Desa Siap Menghadirkan Wilayah Damai”, tersebut. Hadir sebagai undangan dalam Apel Siaga,  Wakil Bupati Lumajang, dr.  Buntaran Supriyanto, M.Kes., Perwakilan Polres Lumajang, dan Dandim 0821.

Bupati dalam amanatnya, mengingatkan, agar personil Linmas mampu tampil di garis depan dalam upaya perlindungan dan pengamanan, sehingga penyelenggaraan Pilkada berlangsung  damai dan aman. Lebih jauh, Bupati menyampaikan,  damai atau tidaknya Pilkada tergantung setiap personil satlinmas sebagai penentu di barisan depan bersama unsur TNI dan Polri. 

Bupati menekankan, peran aktif tiga pilar, terutama potensi kekuatan linmas, untuk melakukan deteksi dini terhadap pemicu konflik pemilu, yang tersebar di 1.872 TPS.  Euforia demokrasi yang mulai Nampak dan suhu politik daerah yang makin menghangat  harus dicermati agar tidak mengganggu aktifitas masyarakat dan mengganggu kinerja.

Pada kesempatan itu, Bupati menyerahkan penghargaan kepada Kades Gesang yang telah berinisiasi membentuk pleton satuan linmas putri. Penghargaan juga diberikan kepada  anggota linmas Desa Randuagung, Kecamatan Randuagung yang berprestasi yang menangkap pencuri motor. 

Menariknya, bupati juga menyerahkan rompi anti peluru kepada Polres Lumajang. Bupati juga menyerahkan truk tangki air bersih untuk Desa Penawungan, Desa Wates Wetan, Desa Wates Kulon, dan Desa Kedawung.

Bupati menegaskan, bahwa satlinmas merupakan tangan kanan bupati dalam membantu menanggulangi bencana, ketertiban, perlindungan serta memberikan rasa nyaman, dan menjaga keamanan masyarakat kabupaten Lumajang.
Usai upacara, seluruh pasukan satlinmas mendapatkan arahan dari Dandim 0821 dan Polres Lumajang guna mempersiapkan pengamanan pemilu serentak mendatang serta menjelaskan tanggung jawab dari satlinmas. ( Arf/Lkt/wok)