7 Wisata Di Tapteng Ini memiliki Nilai Historis Yang Patut Dikunjungi

0
102
Loading...

BuktiPers.Com – Tapteng (Sumut)

Tapteng Dengan Julukan “Negeri Wisata Sejuta Pesona” menyimpan potensi keindahan alam yang sangat luar biasa Diantaranya Wisata Religi, Wisata Alam Gunung Pantai dan Laut (GUPALA).

Keunggulan Tapteng di sektor wisata didukung oleh terbukanya akses transportasi jalur darat maupun udara. Adanya penerbangan Garuda Air Lines dengan Rute Penerbangan Bandara Pinang Sori-Medan-Jakarta, Penerbangan Lion Air dan Susi Air, sehingga memudahkan pengunjung turis lokal maupun turis manca negara berkunjung ke Tapteng. 

Bila musim liburan tiba, ada 7 (tujuh) Objek Wisata yang Wajib dikunjungi yang terdapat di berbagai Kecamatan di Tapanuli Tengah (Tapteng). Ketujuh tempat wisata tersebut dapat dinikmamati saat liburan ini.

1. Titik Nol Islam Nusantara,
Makam Mahligai dan Makam Papan Tinggi Barus. Siapa yang tidak pernah dengar nama Kota Tua Barus, Barus dikenal dahulu kala sebagai salah satu Bandar atau pelabuhan terbesar di Asia. Sejarah tentu meninggalkan bukti atau situs disana terdapat banyak makam pedagang dari Timur Tengah diantaranya Makam Mahligai dan Makam Papan Tinggi Barus yang diyakini sebagai aulia membawa masuknya Agama Islam melalui Barus.

Baca Juga!  HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke -73, Sebanyak 72 Napi Rutan Putussibau Dapatkan Remisi

Selain ke dua Objek Wisata Situs Makam Mahligai dan Makam Papan Tinggi salah satu yang wajib dikunjungi yaitu Titik Nol Islam Nusantara  di Kelurahan Batu Gerigis Kecamatan Barus yang telah diresmikan oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo pada hari Jumat, 24 Maret 2017 yang lalu mencatatkan Barus Gerbang Masuknya Islam di Nusantara.

Ketiga Objek Wisata Titik Nol Islam Nusantara Barus, Makam Mahligai dan Makam Tinggi merupakan Situs Bersejarah yang sangat penting dikunjungi untuk menambah ilmu pengetahuan, maupun untuk sekedar ziarah jaraknya sekitar 70 Km dari Pandan Ibu Kota Kabupaten Tapteng dapat ditempuh dengan 2 jam perjalanan. 

2. Pulau Mursala 
Pulau Mursala berada di Kecamatan Tapian Nauli dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan menaiki spead boat dari Pantai Pandan. Air terjun ini memiliki keunikan tersendiri selain tidak pernah kering, kelebihan air terjun ini adalah airnya tawar langsung jatuh laut. Selain itu, panorama bawah lautnya yang dihiasi keanekaragaman biota laut di atas hamparan terumbu karang nan indah juga amat menjanjikan kenikmatan bagi para wisatawan yang mengunjunginya. Tampilan unik dan Eksotis,ada pada Air terjun ini. 
3. Pulau Putri
4. Pantai Pandan
5. Pulau Kalimatung
Kalimantung memang eksotis dan terlihat begitu anggun sejauh mata memandang . Snorkling pun menjadi pilihan aktifitas yang menarik. Sungguh keindahan alam yang masih “Alami” gugusan terumbu karang dipenuhi rombongan ikan hias membayang dibalik air laut jernih yang berwarna hijau kebiruan.

Baca Juga!  Hardiknas, Moment Berkomitmen Untuk Berikhtiar Membangun Pendidikan.

6. Pantai Bosur
Birunya lautan dan semilir angin dan Indah Sunsetnya akan membawa keseruan tersendiri, apalagi Pantai Bosur cukup luas dan sangat cocok sebagai tempat berendam atau mandi air laut, keindahan pantai yang begitu asri dan alami, sepanjang pinggiran pantai banyak warga berjualan makanan spesifik berupa ikan “sambam” (bakar), kelapa muda, sate kerang, peyek udang.

7. Pantai Kade Tigo Barus
Objek Wisata pantai Kade Tigo, menyuguhkan pemandangan yang luar biasa, boleh dikatakan Pantai Kade Tigo Balinya Tapteng, garis Pantainya membentang  luas sejauh mata memandang. Pengunjung dapat memanjakan diri mandi air laut, tak jarang kita lihat pengunjung melakukan terapi air laut dan menutupi hampir seluruh tubuh dengan pasir putih yang diyakini dapat menyembuhkan beragam Penyakit.

Baca Juga!  Bupati Aceh Tamiang  Apresiasi Showcase Di Dinas Pendidikan

Itulah tujuh referensi destinasi Wisata yang wajib dikunjungi di “Negeri Wisata Sejuta Pesona Tapanuli Tengah,” saat liburan tiba seperti sekarang ini. “Pulau Pandan Jauh di Tengah
Diseberang si Pulau Mursala
kalau Anda Berkunjung ke Tapteng
Singgahkan Sejenak Untuk Berdarma Wisata.” (Hms/Job Purba/Red)

Loading...