72 Tahun RI Merdeka, Sihiong Sergai Belum Dialiri Listrik

0
1074
IMG_20170817_171114

BuktiPers.Com – Serdang Begadai (Sumut)

Di usia kemerdekaan yang sudah 72 tahun ternyata masih ada masyarakat yang belum bisa menikmati arti nyata sebuah kemerdekaan tersebut. Masih banyak Dusun yang belum bisa menikmati aliran listrik seperti yang dirasakan masyarakat Perkampungan Sihiong, Dusun IV, Desa Sei Priok, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Serdang Bedagai.

Perkampungan Sihiong tersebut terletak ± 15 KM dari Kota Tebing Tinggi ini, dengan jumlah penduduk sekitar 5 Kepala Keluarga. Salah Seorang warga Op. Br. Sitorus yang sudah renta, yang bermukim sejak tahun 1960 yang manombang (Membuka Lahan) menuturkan bahwa pemandangan gelap gulita setiap malam sudah dirasakannya sejak awal dia tinggal pertama kali sampai dengan sekarang

“Dulu kampung ini ramai, sekarang karena tak ada listrik satu per satu warga sudah berpindahan dari sini, tolonglah dulu sampaikan kepada pemerintah, biar kami bisa merasakan listrik”, ujar Op.Br.Sitorus menggunakan bahasa batak, Kamis (17/8/2017).

Hal senada dikatakan ibu Br Somamora warga lainnya, seraya menjelaskan untuk mendapatkan penerangan mereka harus menggunakan lampu emergency yang mereka cas ke kampung tetangga.

“Seperti inilah kondisi perkampungan ini, yang setiap malamnya kami harus memakai lampu penerangan seadanya yang lampunya harus kami cas (disi) ke Kampung sebelah, dan kami sudah terbiasa dengan kondisi tanpa listrik seperti ini, meski Indonesia sudah merdeka selama 72 tahun,” ungkap Ibu Br. Simamora didampingi suaminya.

Ketika ditanya terkait dengan masalah pengajuan permohonan ke Pemerintah Desa, Ibu Br Simamora mengaku sudah berulang kali menyampaikan kepada pemerintah Desa dan Aparat Desa termasuk Kadus (Kepala Dusun) namun hingga saat ini belum ada tanda-tanda mau masuk listriknya, ditambah mereka tidak memiliki dana untuk memasang meteran karena hanya memiliki penghasilan yang pas-pasan saja dari bertani.

Sementara itu, dari Pihak Pemerintah Desa Sei Priok melalui Kepala Desa ketika ingin dikonfirmasi ke kantornya tidak berada di tempat karena sibuk dalam Perayaan HUT Kemerdekaan RI di tingkat Kecamatan Tebing Tinggi. (HIP/Red)