8 Orang di Mempawah Positif Covid-19, Semua Pasien dari Satu Sekolah

0
23
Seluruh guru SMA di Kalimantan Barat akan menjalani tes swab sebelum kegiatan tatap muka di sekolah dimulai 1 Agusutus 2020. (Antara)

Pontianak, buktipers.com – Pemeriksaan Covid-19 di satu sekolah Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat (Kalbar), membuat geger warga. Sebab terdapat delapan orang yang terpapar virus corona, satu di antaranya guru.

Kepala Dinas Kesehatan Kalbar, Harisson mengatakan, temuan kasus pasien positif ini harus diwaspadai. Jika tidak daerah tersebut bisa masuk ke zona merah.

“Pemerintah Kabupaten Mempawah harus ekstra hati-hati,” kata Harisson di Kota Pontianak, Kalbar, Kamis (20/8/2020).

Kabupaten Mempawah, kata dia, awalnya tercatat masuk zona hijau. Namun dengan adanya temuan kasus ini, kata dia, daerah tersebut dianggap sebagai zona kuning penularan Covid-19.

Sosialisasi dan edukasi ke masyarakat terhadap penerapan protokol kesehatan harus digencarkan. Bila tidak daerah tersebut bisa masuk ke zona oranye, atau bahkan zona merah.

“Baru satu sekolah diperiksa, ada 8 kasus. Salah satunya merupakan guru,” ujar dia.

Imbauan ini juga berlaku di sejumlah daerah yang berada di zona kuning dan hijau penyebaran virus corona. Pemerintah daerah dan Satgas Penanganan Covid-19 harus waspada potensi munculnya kasus baru.

 

Sumber : iNews.id