8 Pelaku Kasus Narkoba Ditangkap Polisi, 1 Diantaranya ASN Pemkab Sergai

0
5
Foto para pelaku dan barang bukti yang diamankan Satnarkoba Polres Sergai.
Dijual Rumah

Sergai, buktipers.com – Unit Reskrim Polsek Teluk Mengkudu berhasil mengungkap 8 pelaku terduga penyalahgunaan narkotika jenis sabu, di wilayah Kecamatan Sei Rampah, dan satu diantaranya seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai, (Pemkab Sergai).

Adapun identitas ketujuh pelaku yang diamankan berinisial AM (45), YA (21), AI (25), AH alis Arif (20), AG (40), DK alias Didi (31) dan RT (35), ditangkap di Divisi 5 PP Rambung Sialang Estate, Desa Rampah Estate, Kecamatan Sei Bamban, Kabupaten Serdang Bedagai, Sabtu (19/6/2021), sekitar pukul 04:30 WIB.

Dari  ketujuh pelaku, petugas menyita barang bukti, 1 buah tas sandang warna abu-abu yang didalamnya terdapat 1 buah senter, 2 buah mancis, 1 buah gunting, 1 buah dompet warna merah, 1 buah plastik klip transparan besar yang berisikan butiran kristal yang diduga Narkotika jenis sabu.

Selain itu, 2 plastik klip transparan yang kosong, 1 timbangan elektrik, 1 buah skop yang terbuat dari pipet plastik, 1 buah plastik transparan kecil yang kosong dan 1 plastik klip transparan yang besar yang berisikan plastik klip transparan kecil.

Lalu, satu buah dompet warna merah merk toko mas paten yang berisikan 1 buah plastik klip transparan besar yang berisikan butiran kristal yang diduga Narkotika jenis sabu, 1 plastik klip transparan sedang yang berisikan butiran kristal yang diduga Narkotika jenis sabu.

Kemudian, satu buah timbangan elektrik dan 1 rol plastik klip kecil yang kosong, 2 plastik klip transparan kecil yang kosong, 1 buah tas sandang warna biru yang di dalamnya terdapat 2 buah mancis, 1 bungkus kotak rokok merek sempurna, 1 buah kaca pirek, dan 1 buah plastik klip transparan kecil yang kosong.

Selain barang bukti narkotika jenis sabu, polisi juga mengamankan 1 unit Sepeda Motor merk RX-King, 1 unit sepeda motor merk Yamaha Free Go warna putih milik para pelaku.

Hasil pengembangan ketujuh pelaku, Tim Srigala Polsek Teluk Mengkudu juga mengamakan pelaku, inisial BS alias Budi (40), yang merupakan seorang aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai, yang ditangkap pada hari Sabtu (19/6/2021), sekitar pukul 09:30 WIB.

BS alias Budi, ditangkap di komplek perumahan Kp. Pala Dusun VII, Desa Sei Rampah, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai.

Hasil penangkapan, petugas menyita sepasang sepatu warna pink yang didalamnya terdapat 1 buah plastik klip transparan kecil yang berisikan butiran kristal yang diduga narkotika jenis shabu.

Ironisnya, para pelaku mengaku jika barang bukti narkotika jenis sabu diperoleh dari seorang bandar yang diketahui berinisial IN alias Pengger, warga Desa Pon, Kecamatan Sei Bamban, Sergai.

Kapolres Sergai, AKBP Robin Simatupang didampingi Kapolsek Teluk Mengkudu, AKP J Sagala kepada Wartawan, Senin (28/6/2021), membenarkan, bahwa penangkapan ketujuh pelaku menindak lanjuti informasi dari masyarakat Kecamatan Teluk Mengkudu yang menginformasikan adanya penyalahgunaan narkotika yang terjadi di wilayah Teluk Mengkudu.

Dimana, sambung Kapolres, bahwa para remaja atau pemuda sering membeli narkotika jenis sabu di Divisi 5 Rambung Sialang Estate Desa  Sei Rampah Estate, Kecamatan Sei Rampah, Sergai.

Hasil penyelidikan, tim Polsek Teluk Mengkudu setiba di lokasi, ternyata benar, 4 orang pria yang bernama AM alias Ari, YA, RT dan AI alias Dani sedang berada didalam tenda kemah di sekitar perkebunan sawit Divisi 5 PP Rambung Sialang Estate yang sedang menjual dan menunggu pembeli sabu.

Kemudian datang 1 orang pria diketahui bernama AG alias Adi yang hendak membeli sabu sabu. Tanpa basa basi, tim opsnal langsung mengamankan 5 pelaku dan barang bukti narkotika.

“Setelah dilakukan penangkapan, datang 2 pria dengan mengendarai sepeda motor RX King warna biru yang diketahui bernama AH alias Arif dan DK alias Didy datang ke lokasi dengan tujuan untuk menjual narkotika jenis sabu,” ucap Kapolres.

Hasil introgasi pelaku, mengaku mendapatkan sabu tersebut diperoleh dari inisial IN alias IP, warga Desa Pon, Kecamatan Sei Bamban, Sergai.

Namun setelah dilakukan pengembangan terhadap IN alias IP tidak ditemukan.

“Atas perbuatanya, ketujuh pelaku dan barang bukti langsung diamankan ke Polsek Teluk Mengkudu guna proses lebih lanjut,” ungkap Kapolres.

Di hari yang sama, sambung Kapolres, yaitu atas pengakuan ketujuh pelaku, tim opsnal Polsek Teluk Mengkudu terus melakukan pengembangan jaringan penyalahgunaan narkotika jenis sabu dan kembali mengamankan 1 orang pelaku, inisial BS alias Budi yang merupakan seorang ASN yang bekerja di Pemkab Sergai.

“BS alias Budi ditangkap pada hari Sabtu (19/6/2021) sekitar pukul 09:30 WIB. Pelaku ditangkap di komplek perumahan Kp Pala, Desa Sei Rampah, Sergai. Hasil penangkapan pelaku, petugas juga menyita barang bukti 1 paket sabu yang tersimpan di dalam sepatu milik tersangka,”tambah Kapolres.

Hasil introgasi terhadap pelaku, BS alias Budi mengaku mendapat barang tersebut dari pelaku yang sama yakni inisial IN alias IP, warga Desa Pon.

Namun setelah dilakukan pengembangan terhadap IN alias IP, tidak ditemukan.

BS alias Budi mengaku, bahwa barang tersebut diperoleh dari pelaku AH alis Arif. Dimana pelaku Arif adalah suruhan pelaku IN alias IP seorang Bandar Sabu di Desa Pon secara gratis kepada BS alias Budi sebagai komisi maupun upahnya membantu pelaku IN alias IP untuk menjual sabu di daerah Kp. Pala Desa Sei Rampah.

Atas perbuatannya, pelaku dan barang bukti langsung diamankan ke Polsek Teluk Mengkudu guna proses lebih lanjut.

” Saat ini delapan tersangka dikenakan pasal 114, 112 subs pasal 127 UU RI no 35 tahun 2009 tentang Narkotika,” pungkas Kapolres Sergai.

 

(ML.hrp)