Ada Dugaan Mark Up, Pembangunan Balai Kemasyarakatan Wira Agung Sari akan Ditelusuri

0
281
Ketua LSM Jaringan Anti Korupsi (JAK) Koordinator Daerah Tulang Bawang, Andi Irawan Jaya.
Dijual Rumah

Tulang Bawang, buktipers.com – Pembangunan Balai Kemasyarakatan dan jalan onderlagh Kampung Wira Agung Sari, Kecamatan Penawartama, yang bersumber dari Dana Desa (DD), akan ditelusuri.

Hal itu dibenarkan Ketua LSM Jaringan Anti Korupsi (JAK) Koordinator Daerah Tulang Bawang, Andi Irawan Jaya saat dikonformasi wartawan.

Bahkan pengakuannya, pihaknya sudah membuat surat klarifikasi kepada pihak DPMK Tulang Bawang, terkait temuan beberapa awak media dan Tim LSM JAK yang sudah dimuat di beberapa media online.

“Ya, kita akan ikuti prosedur yang ada, karena pihak DPMK Tulang Bawang, tidak bisa memproses temuan awak media jika hanya berita. Oleh sebab itu, kami dari LSM JAK, hari Senin besok, akan mengirimkan surat klarifikasi ke DPMK, agar pihak DPMK bisa memanggil Kepala Kampung dan Tim Pelaksana Kegiatan Kampung Wira Agung Sari untuk mendengarkan keterangan dan alasan, kenapa pekerjaan di kampung  bisa terindikasi mark up anggarannya, dan pekerjaannya diduga menyimpang dari teknis,”papar Andi, pada Jumat (9/8/2019), lalu, kepada beberapa awak media.

Plang proyek.

Dikatakannya, Tim LSM JAK langsung cross cek di lapangan, bersama awak media, dan menyaksikan sendiri kalau besi cor-coran untuk pembangunan Balai Kemasyarakatan tersebut, menggunakan besi ukuran 8 inci, dan ada yang menggunakan besi 3 batang atau yang berbentuk segitiga.

Lanjut Andi, untuk pengerjaan jalan onderlagh, cara pemasangan material batunya dilakukan dengan cara tertidur, atau tidak dipasang berdiri dan tidak dipasang batu ukuran 20 cm untuk pengunci berem kiri dan kanan.

Dan hamparan pasirnya tidak merata, padahal anggaran jalan onderlagh sangat fantastis. Jadi seharusnya pekerjaannya bisa maksimal dan berkwalitas, cetusnya.

Kami sangat berharap, lanjut Andi, pihak DPMK Tulang Bawang, secepatnya menindaklanjuti permasalahan ini, yaitu surat klarifikasi LSM JAK dan memproses dugaan mark up anggaran dan pengerjaannya yang diduga menyimpang dari teknis. Supaya ke depan, pembangunan yang bersumber dari DD, di Desa-desa yang ada di Tulang Bawang, bisa berkwalitas, tandasnya.

 

(Tim)