Akibat Longsor, Jalan Lintas Sidikalang-Siampatnempu Terancam Putus  

0
479
Kondisi jalan lintas Sidikalang ke Siampatnempu, Kabupaten Dairi, Provinsi Sumatera Utara yang terancam putus akibat bibir jalan longsor.(foto/Berman)
Dijual Rumah

Buktipers.com – Dairi (Sumut)

Hubungan jalan antara Kecamatan Sidikalang-Kecamatan Siempatnempu terancam putus. Ancaman ini diakibatkan terjadinya longsor di bibir jalan Dusun Sibanban, Desa Jumateguh, Kecamatan Siempatnempu, Kabupaten Dairi.

Keterangan warga setempat, longsor terjadi setelah dalam sepekan ini hujan turun dengan sangat lebatnya.

Kondisi bibir jalan yang longsor itu sudah sangat mengkhawatirkan, karena telah memakan sebagian badan jalan, bahkan tebing penyangga jalan sudah membentuk liang dengan kedalaman jurangnya  mencapai 5 meter seakan menunggu mangsa.

Seorang penduduk bermarga Sihotang mengharapkan, agar pihak terkait segera melakukan penanggulangan benacana sebelum menelan korban jiwa.

“Hendaknya jangan sampai ada korban baru diperbaiki,” harapnya.

Sekcam Kecamatan Siempatnempu, Mangampin Sianturi ketika dikonfirmasi, Rabu (17/10/2018) di ruang kerjanya, mengakui ancaman jalan akan terputus itu.

Diuraikannya, jalan longsor tersebut sudah dilaporkan kepada Bupati Dairi dan Badan Penanggulangan Benana Daerah (BPBD) pada tanggal 1 Oktober 2018, tapi hingga sekarang belum ada tanda-tanda akan dikerjakan.

Untuk antisipasi dini, katanya, sudah beberapakali dibuat plank hati-hati untuk para pelintas di lokasi longsor, tapi hanya bertahan satu hari, besoknya plang itu lenyap.

Ditambahkan, jalan longsor tersebut diakibatkan hujan deras yang terus menerus beberapa Minggu ini mengguyur Dairi, apalagi lokasi tersebut adalah rawan longsor.

“Kita juga sangat berharap agar pihak PU & Bina Marga membangun gorong-gorong sebagai penyangga badan jalan disekitar lokasi longsor, sebelum ada korban” harap Sekcam.

Pantauan di lokasi, sebagian badan jalan sudah amblas ke jurang, dengan kedalaman sekitar 5 meter.

Sementara tebing penyangga badan  sudah berbentuk liang. Yang dikhawatirkan bagi para pengendara yang datang dari Sidikalang, bila tidak ekstra hati-hati, bisa langsung terjun ke jurang. Dan ini sangat diharapkan agar cepat ditanggulangi.(Berman)

 

Editor : Maris