Aksi Jokowi di KTT G20: Serius dengan Trump, Ngobrol Seru Bareng Macron-Ivanka

0
109
Jokowi di KTT G20 (Laily Rachev/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Dijual Rumah

Buktipers.com – Jakarta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjalani sejumlah kegiatan pada hari kedua KTT G20 Osaka. Selain mengikuti rapat dan pertemuan bilateral, Jokowi juga terlihat aktif berbincang dengan pemimpin negara G20. termasuk Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan putrinya Ivana Marie atau akrab disapa Ivanka Trump.

Saat menghadiri agenda khusus di KTT G20, yakni pembahasan mengenai ‘Women’s Empowerment’, Jokowi terlihat duduk di barisan paling depan. Dia bersebelahan dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Sebelum pertemuan dimulai, Jokowi tampak berbincang seru dengan Macron. Bahkan sesekali Macron terlihat tertawa bersama Jokowi.

Setelah bincang dengan Macron, Jokowi menyapa Ivanka Trump di sisi sebelah kanannya. Keduanya lantas berbincang.

Jokowi dan Trump (Laily Rachev/Biro Pers Sekretariat Presiden)

Terlihat senyum dan tawa dari pembicaraan mereka. Bahkan terlihat gerak tangan saling mengarah satu sama lain.

Macron, yang ada di sebelah Jokowi, terlihat ikut dalam pembicaraan tersebut. Sementara itu, PM Jepang Shinzo Abe, yang ada di sebelah Ivanka, tampak tersenyum melihat Jokowi dan Ivanka berbincang seru.

Tak lama setelah Jokowi dan Ivanka berbincang, Presiden AS Donald Trump masuk ke ruangan dan duduk di bangku kosong antara Jokowi dan Ivanka. Donald Trump langsung menyapa Shinzo Abe sebagai tuan rumah.

Selanjutnya Donald Trump menyapa pemimpin negara G20 yang lain, termasuk Jokowi yang ada di sebelahnya. Jokowi dan Trump pun terlibat pembicaraan dengan raut muka serius.

Keduanya saling mendekatkan kepala saat berbincang. Tak lama kemudian acara dibuka oleh Shinzo Abe dan selanjutnya diakhiri dengan sesi foto bersama.

 

Sumber : detik.com