Beranda Nasional Aktivis Nilai Banjir Di Cianjur Akibat Buruknya Penataan Kota

Aktivis Nilai Banjir Di Cianjur Akibat Buruknya Penataan Kota

362
0
IMG-20180408-WA0014

Buktipers.com – Cianjur (Jabar)

Terkait musibah bencana banjir yang terjadi pada (7/4/2018) tadi malam, menjadi sorotan sejumlah kalangan dan aktifis Kabupaten Cianjur, mereka menilai terjadinya bencana tersebut berdampak dari buruknya sebuah pembanggunan penataan kota.

Asto Nanggola aktifis Cianjur dalam akun Grup PPC (8/4/2018) menyebutkan, Dalam sebuah penataan kota atau planologi, banyak faktor yang harus diperhitungkan ketika “melukis” sebuah kota. Mulai dari bagaimana kondisi geologinya, dihitung sampai kemiringan, konstur tanah, dan lainnya agar meminimalisir dampak bencana.

Bagimana Kondisi geografi mulai dari curah hujan, hingga akhirnya menyumpulkan berapa besar gorong2 yang harus dibuat hingga air hujan bisa lancar.

Bagaimana kondisi ekonomi warganya hingga bisa dengan mudah melancarkan mobilisasi ekonomi masyarakat, sosial budaya, bagaimana karakter masyarakat mulai dari bagaimana masyarakat dalam membuang sampah dan lainnya. Menghitung berapa volume kendaraan umum dan pribadi hingga menghindari kemacetan.

Baca Juga!  Pergantian Pengurus Yayasan Unikama Berujung Konflik

Saya yakin, jika Konsultan Planologinya benar ataupun hasil ga problematika perkotaan bisa ditekan. Mulai dari kemacetan, banjir, premanisme, dan sebagainya.”Punkasnya.

Hal senada juga dikatakan Jamaluddin Junaedi, Konsep pembangunan yang tidak tertata dengan baik, terlalu sok tau dan melawan akal sehat. Jalan yang tadinya besar dipersempit, kalau kendaraan bisalah kaklan atur walau sering menyebabkan kemacetan yang parah. Tapi kalau air mau kalian atur gmana bila drainase-nya buruk…??? Akhirnya BANJIR..!!!

Disamping pembangunan yang tdk tertata, mohon juga kesadaran kita semua masyarakat, untuk lebih disiplin dalam membuang sampah, agar saluran air sedikit lebih lancar.

“Banjir di Cianjur bukan karena alam,
akan tetapi kebodohan dalam pembangunan. Pemkab Harua Dapat Menerima masukan” ujarnya” (NN)

Loading...