Jambret Tas, Sandi Ditangkap Polisi

0
693
IMG-20170905-WA0003

BuktiPers.Com – Tebing Tinggi (Sumut)

Sandi (19), warga Dusun IV Desa Mainu Tengah, Kecamatan Dolok Merawan, Kabupaten Sergai. ditangkap Polisi karena menjambret tas milik Erly Anisyah, Kamis (31/8) sekira pukul 08.00 WIB di Jln K F Tandean, Kelurahan Bulian, Kecamatan Bajenis, Kota Tebing Tinggi.

Pada wartawan, Selasa (5/9/2017) sekira pukul 11.00 WIB, di Mapolres Tebing Tinggi membenarkan dan menjelaskan kronologis penangkapan terhadap pelaku.

Korban Erly Anisyah yang pada saat itu sedang mengendarai sepeda motor bersama dengan ibunya di Jln. K. F. Tandean hendak menuju ke apotik. Saat itu korban meletakkan 1 buah HP merk Oppo di dasboard sepeda motornya, tiba – tiba dipepet dari arah belakang oleh pelaku dengan mengendarai sepedamotor yang dibonceng oleh rekan pelaku yang bernama Rinto Manurung.

Setelah dekat, pelaku langsung merampas HP korban dan langsung melarikan diri ke arah Simpang 4. Melihat tasnya dirampas, korbanpun mengejar pelaku dan meneriaki ” jambret”.

Ketika tiba di Jln. A. Yani yang arus lalu lintas kebetulan padat, pelaku dapat dikejar oleh korban. Mendengar adanya suara teriakkan jambret, Polisi yang ada di TKP segera mengamankan pelaku, kemudian saat pelaku diamankan, pelaku mencoba untuk membuang HP yang diambil dari korban. Selanjutnya keduanya segera dibawa ke polres Tebing, guna untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Saat dilakukan pemeriksaan terhadap Rinto Manurung (yang mengendarai sepedamotor) menerangkan bahwa ia hanya diajak oleh Sandi untuk pergi mencari sarapan. Rinto Manurung yang mengendarai sepeda motor, awalnya hendak menuju Pasar Tengah namun tutup selanjutnya menuju ke Perum Purnama Deli juga tutup. Selanjutnya ke Jln. K. F. Tandean menuju ke Kota Tebing Tinggi, tiba di TKP mereka didahului oleh korban dan pelaku menyuruh Rinto Manurung untuk mengejar korban dan pelaku Sandi tiba-tiba merampas HP korban.

Sadar kalau korbannya melakukan pengejaran, Sandi menyuruh Rinto Manurung agar ngebut. Rinto Manurung yang tidak mengetahui ada kejadian apa-apa, langsung mempercepat laju kendaraannya dan tiba di Simpang 4 membelok ke Jln. A. Yani namun terhenti karena macet dan ada Petugas Polri yang sedang bertugas, sementara itu dari belakang korban menarik baju pelaku Sandi dan pelaku mencoba untuk membuang HP korban.

Dan dari hasil pemeriksaan Petugas, diketahui bahwa rekan pelaku yang bernama Rinto Manurung tidak mengetahui niat dari pelaku untuk melakukan aksi penjambretan terhadap korban dan awalnya pelaku mengajak dirinya hanya untuk pergi mencari sarapan, terang Sagala.

Saat ini pelaku Sandi telah diamankan di Polres Tebing Tinggi beserta dengan barang bukti guna proses hukum lebih lanjut. Pelaku diancam Pasal 361 dari KUHPidana.(Dav/Red)