Beranda Serba Serbi Anjing Dilatih Mendeteksi Penderita Covid-19

Anjing Dilatih Mendeteksi Penderita Covid-19

36
0
Para ahli di Inggris melatih anjing agar dapat mendeteksi penderita Covid-19 (Foto: AFP)

London, buktipers.com – Para ahi di Inggris mempelajari kemungkinan anjing bisa mendeteksi seseorang yang terinfeksi virus corona.

Ini merupakan ikhtiar yang dilakukan para ahli di Inggris untuk mencari alternatif yang cepat dan noninvasif untuk mendeteksi penyakit tersebut pada seseorang.

Pemerintah Inggris menggelontorkan dana 500.000 poundsterling atau sekitar Rp9 miliar untuk penelitian yang melibatkan London School of Hygiene and Tropical Medicine, Universitas Durham, dan Medical Detection Dogs ini.

Para ahli sebelumnya berhasil melatih anjing untuk mendeteksi kanker pada manusia dan diharapkan hal serupa terjadi pada virus corona.

“Anjing pendeteksi biologis berhasil menemukan kanker dan kami yakin inovasi ini akan memberikan hasil yang cepat sebagai bagian dari perluasan pengujian,” kata Menteri Inovasi James Bethell, dikutip dari Reuters, Sabtu (16/5/2020).

Baca Juga!  Polres Sergai Deteksi dan Monitoring Asimilasi 9 Narapidana Lapas Tebing Tinggi

Cara melatihnya, enam anjing labrador dan cocker spaniel akan diberikan sampel pasien Covid-19 dari rumah sakit London. Anjing-anjing itu akan dilatih untuk membedakan bau dari orang yang terinfeksi dan tidak.

Jika berhasil, seekor anjing bisa memeriksa hingga 250 orang dalam 1  jam dan akan ditempatkan di ruang publik termasuk bandara.

Para peneliti di Amerika Serikat dan Prancis juga berupaya melatih anjing untuk mendeteksi penderita Covid-19.

Medical Detection Dogs menyatakan, selain kanker, anjing yang dilatihnya berhasil mendeteksi penderita parkinson dan malaria.

 

Sumber : iNews.id

Loading...