Beranda Siantar Antisipasi Arus Lalin di Jalan Longsor Siantar-Tanah Jawa, Begini Himbauan Kapolres

Antisipasi Arus Lalin di Jalan Longsor Siantar-Tanah Jawa, Begini Himbauan Kapolres

132
0
Jalan longsor di jalur Siantar-Tanah Jawa, dan petugas kepolisian mengatur arus lalu lintas.(foto/ist)
Loading...

Buktipers.com – Simalungun

Bencana longsor yang terjadi di Jalan Pematangsiantar-Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun, Minggu (31/3/2019) sekitar pukul 17.00 Wib, kondisinya semakin mengkhawatirkan. Kondisi ini diperparah curah hujan yang sangat deras mengguyur hampir setiap hari.

Untuk mengantisipasi kelancaran arus lalu lintas (lalin), dan menghindari hal-hal yang tak diinginkan, Kapolres Simalungun, AKBP M.Liberty Panjaitan SIK.MH bersama unsur pejabat instansi terkait mengambil solusi untuk mengatasinya.

Longsor itu terjadi persisnya di jalan Pondok 8, Nagori Marubun Jaya, Kecamtan Tanah Jawa.

Diperkirakan, bencana longsor terjadi diakibatkan curah hujan yang cukup tinggi sehingga air meluap.

Fakta lapangan sekarang ini, sebagian ruas jalan amblas, jalan pun semakin sempit, bahkan fisik jalan yang tersisa sudah retak di bagian tengah badan jalan.

Baca Juga!  Knalpot Blong Ditertibkan, PD Alwashliyah Support Kinerja Kapolres  

Kapolres Simalungun langsung turun ke lokasi bencana, didampingi Kasat Lantas, Kapolsek Tanah Jawa, Danramil, pejbat Pemkab, Camat Tanah Jawa, pihak PTPN IV.

Kapolres juga menempatkan personilnya untuk melakukan pengaturan arus lalin dan pengamanan di TKP longsor.

Sedangkan kepada masyarakat pengguna jalan, Kapolres memberikan himbauan, untuk sementara menggunakan jalur alternatif dari arah Pematangsiantar, Pasar Baru, Simpang Empat kanan tembus ke Lapangan Bola Blok X, kemudian tembus ke Simpang Saropa, demikian sebaliknya yang datang dari Tanah Jawa menuju Pematangsiantar.

Namun untuk kenderaan berjenis sedan tidak disarankan melintasi jalur alternatif dikarenakan jalan tidak begitu bagus.

Adapun ruas jalan yang mengalami longsor, adalah akses jalan Propinsi dari arah Pematangsiantar menuju Tanah Jawa.

Baca Juga!  Dirjen PHPL Sebut 8 Kunci Sukses Kerjasama Sosial Perusahaan dan Masyarakat

Jauh sebelumnya, persisnya Oktober 2018 jalan ini juga sudah pernah longsor, setengah badan jalan amblas, penyebapnya juga dikaenakan curah hujan yang tinggi dan air meluap dan membuat badan jalan tergerus.

Untuk antisapasi hujan susulan, Kapolres Simalungun telah memerintahkan Kapolsek Bangun dan Kapolsek Perdagangan untuk membuka dan mengontrol pintu air agar air dapat mengalir semenstinya.

Untuk penanganannya, selama ini pihak Polres Simalungun telah bekerjasama dengan pemerintah Kecamatan Tanah Jawa dibantu masyarakat melaksanakan perbaikan jalan dengan swadaya.

Sejauh ini, tidak ada korban jiwa, dan arus lalulintas di lokasi jalan yang rusak masih berjalan aman dan terkendali.(hms/red)

 

Editor: Maris

Loading...