Aparatur Aceh Tamiang Deklarasi Pemilu Damai, Bupati: Beda Pandangan Politik Itu Biasa, Tujuan Tetap Satu

0
315
Deklarasi Pemilu Damai 2019 di jajaran Pemkab Aceh Tamiang.(foto/tarmizi)
Dijual Rumah

Buktipers.com – Aceh Tamiang (Aceh)

Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang mendeklarasikan Pemilu Damai bersama aparatur pemerintah. Deklarasi berlangsung di Aula SKB Karang Baru, Aceh Tamiang, Jumat (9/11/2018).

“Pemilu damai ini merupakan keinginan dari seluruh elemen masyarakat dalam menunjukkan kedewasaan berpolitik maupun berdemokrasi, “ kata Bupati Aceh Tamiang, H.Mursil  SH.Mkn.

Lebih lanjut, H.Mursil mengatakan, kampanye dan Pemilu damai dapat diartikan sebagai bentuk kegiatan politik para kontestasi pada tahapan kepemiluan, untuk membangun kepercayaan rakyat dalam meraih simpati dan dukungan suara saat pemilihan, disertai semangat menjaga persaudaraan, kepatuhan pada aturan, dan menciptakan suasana rukun politik.

“Pernyataan sikap Pemilu Damai ini, dilaksanakan dalam rangka membangun komitmen bersama dan juga mengajak seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Aceh Tamiang untuk mensukseskan Pemilu tahun 2019,“ ujar H.Mursil.

Pemkab Aceh Tamiang pada acara deklarasi Pemilu Damai 2019.(foto/Tarmizi)

Dalam deklarasi tersebut, Bupati Aceh Tamiang mengajak seluruh aparatur, khususnya para Kepala Kemukiman dan Datok Penghulu Kampung, agar menjaga persatuan walau berbeda pandangan politik tetap dalam bingkai NKRI.

“Kita himpun semangat persatuan, berbeda pandangan politik itu biasa, namun tujuan kita tetaplah satu membangun bangsa untuk mencapai cita-cita bersama,“ ujar Bupati.

Menurutnya, konsep damai membawa konotasi yang positif, hampir tidak ada manusia di muka bumi ini yang menentang perdamaian.

Pemerintah Daerah mendukung penuh pernyataan sikap ini, demi suksesnya Pemilu tahun 2019.

“Kami berharap melalui Deklarasi Pemilu Damai ini, seluruh proses dan tahapan Pemilihan Umum hingga tahapan pemungutan suara di Kabupaten Aceh Tamiang,”  tambahnya.

Atas nama Pemkab Aceh Tamiang, Bupati berpesan kepada seluruh pihak terutama pihak penyelenggara dan pengawas Pemilu, agar memberikan informasi secara benar, seimbang, dan bertanggung jawab, sebagai bagian dari pendidikan politik, bertindaklah sebagai juri yang adil dan tidak memihak.

“Pemilu tahun 2019 harus dilaksanakan secara damai, mengedukasi dan membawa harapan indonesia menjadi Iebih baik, di tengah ketegangan politik yang mulai kita rasakan saat ini,“ imbuh Bupati.

Bupati juga meminta pihak pengamanan agar bertindaklah secara humanis, terutama kepada Pemerintah Daerah dan seluruh pemangku kebijakan yang ada.

Lanjutnya, kepada pihak Kemukiman dan Datok Penghulu, agar bertindak sebagai pamong sejati yang bisa mengayomi, bertindak seperti orang tua yang bijak.

“Himbau dan rangkul rakyat  untuk tetap bersatu, tidak terpecah belah dikarenakan kepentingan sesaat, karena kepentingan bangsa merupakan hal utama,“  tutup Bupati H.Mursil.

Sementara itu dalam deklarasi Damai, Kapolres Aceh Tamiang AKBP Zulhir Destrian, S.IK, MH,  meminta seluruh aparatur pemerintahan untuk menjaga netralitas dalam Pemilu tahun 2019.

“Saya harap agar semua pihak jangan terpancing oleh isu-isu negatif, terutama berita atau informasi yang tidak jelas,” tegasnya.

Pantauan Buktipers.com, deklarasi Pemilu Damai tersebut diikuti diantaranya, Wakil Bupati, T. Insyafuddin ST,  Dandim 0117/Atam Letkol Inf. Deki Rahyusyah Putra SSos.MI.Pol, Kapolres Aceh Tamiang, AKBP Zulhir Destrian Sik.MH, Ketua DPRK Atam Fadlon SH, Kasi Pidum mewakili Kajari, Yusnar Yusuf SH, Ketua MPU Drs.H.Ilyas Mustawa, para camat se- Kabupaten,  para Danramil se jajaran Kodim 0117/Atam, para Kapolsek se jajaran Polres Atam, para Mukim se Kabupaten, dan para Datok Penghulu se Kabupaten Aceh Tamiang.

Turut hadir, para penyelenggara Pemilu, diantaranya, Ketua KIP Kabupaten Aceh Tamiang, Ishak Ibrahim SPd,  Ketua Bawaslu Kabupaten Aceh Tamiang Imran SE dan anggota Komisi III DPR RI H.M.Nasir Djamil SAg.MSi. (Tarmizi Puteh)

 

Editor : Maris