Apkasindo Aceh Timur Gelar Musyawarah di Langsa

0
355
Foto bersama usai musyawarah.
Dijual Rumah

Butipers.com – Langsa (Aceh)

Dewan pimpinan Daerah Asosiasi Petani Kelapa Sawait (DPD Apkasindo)  Kabupaten  Aceh Timur, menggelar musyawarah, dengan tema “meningkatkan hubungan kerjasama antar angota dan lembaga demi mensuksesnya pengembangan kelapa sawit rakyat Aceh Timur tahun 2019”, di Aula Kafe Ulee Balang, Kota Langsa, Kamis (18/7/2019), lalu.

Anggota pengurus Apkasindo Aceh,  Agus Wijar Yahya, SH, MH dalam sambutannya, mengatakan, bahwa Apkasindo merupakan wadah masyarakat petani untuk memperjuangkan kebutuhan, baik sarana maupun prasarana petani sawit dan upaya peningkatan kesejahteraan dan SDM serta pendidikan anak petani.

Dikatakannya lagi, dalam  hal ini Apkasindo sebagai mitra kerja pemerintah, khususnya perkebunan di daerah dalam menjalankan program – programnya untuk peningkatan pendapatan petani sawit, di Aceh Timur khususnya.

Hal senada juga dikatakan Ketua DPD Apkasindo Aceh Timur,  Ibrahim Mard SP.

Ada tiga hal yang perlu diketahui yaitu, PSR (Peremajaan Sawit Rakyat), KTA (Kartu Tanda Anggota) dan peningkatan SDM (Sumber Daya Manusia) serta mengirim anak petani sekolah beasiswa, D1, D2, D3 di luar Aceh.

Ketua Apkasindo Provinsi Aceh, Ir Sopyan Abdullah saat menyerahkan bendera pataka kepada ketua DPD Aceh Timur, Ibrahim Mard SP, usai acara musyawarah daerah.

Ibrahim juga mengatakan, dalam sambutannya, menyebutkan, sebanyak 60 orang anak petani kelapa sawit sudah dikirim untuk beasiswa gratis di luar Aceh, rata – rata selesai kuliah, langsung bisa bekerja pada perusahaan kelapa sawit di Indonesia.

“Kita meresa bangga bisa mengirim beasiswa anak – anak petani kelapa sawit di luar Aceh, untuk dikuliahkan sesuai program Apkasindo, peningkatan SDM bagi anak – anak petani sawit untuk beasiswa gratis,”sebut Ibrahim.

Ibrahim mengharapkan, kedepannya Apkasindo dapat menjadi yang terbaik di seluruh Indonesia umumnya, serta terbaik di Aceh khususnya. Itu harapan semuanya, namun hal itu tergantung pada kerja keras ketua, sekretaris, bendahara, maupun seluruh anggota di daerah, agar kedepan Apkasindo Aceh menjadi contoh untuk propinsi provinsi lain di luar Aceh.

Sementara itu, Ketua Apkasindo Dewan Pimpinan Wilayah Aceh, Ir Sopyan Abdullah mengatakan, bahwa koperasi adalah mitra Apkasindo dalam menjalankan fungsi kerjanya.

Ditambahkannya, bahwa sarana dan prasarana koperasi dengan lahan 2 hektar per orang yang harus  dipirkirkan pihak koperasi sampai dengan siap tanam, serta perawatan dan segera mencari investor atau pengusaha yang mau mananamkan modalnya agar para petani sawit diberi pinjaman modal untuk menam sawit dan jagung di lokasi tanam sawit terus menerus, sampai umur sawit tiga tahun dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP KS).

Acara tersebut juga dihadiri  seluruh anggota Apkasindo Aceh Timur, serta dari jajaran Dinas Perkebunan Aceh Timur, dan  seluruh pengurus dan ketua Apkasindo Aceh.

 

(Edy.s)