Asal Usul Nama Lampung, Yay Atu Wajib Tahu!

0
2
Menara Siger Lampung. [djkn.kemenkeu.go.id]
Dijual Rumah

Jakarta, buktipers.com – Tahukah anda asal usul nama Lampung pada Provinsi Lampung? Provinsi Lampung adalah provinsi paling selatan Pulau Sumatera. Lampung berbatasan langsung dengan Pulau Jawa yang dipisahkan Selat Sunda.

Sebagai penduduk Lampung, wajib tahu asal usul nama Lampung itu sendiri. Ini penting agar penduduk Lampung tahu mengenai sejarah daerahnya sendiri.

Ada tiga teori mengenai asal usul nama Lampung sebagaimana dikutip dari Buku berjudul ‘Sejarah Daerah Lampung’ terbitan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Kantor Wilayah Provinsi Lampung tahun 1997/1998.

Teori pertama asal usul nama Lampung berasal dari catatan/anal musafir China yang pernah mengunjungi Indonesia pada abad ke-7. Dia adalah I Tsing.

Dalam catatan itu selain Ki li pi-ce, Mo-ho-sin, juga disebutkan Telang, Po-hwang. Telang, Po-hwang merupakan kata yang ditranskripkan menjadi Tulangbawang.

Teori menarik dikemukakan Hilaman Hadikesuma, dosen Fakultas Hukum Universitas Lampung. Dalam seminar sejarah Lampung tahun 1976, Hilaman mengemukakan hal sebagai berikut:

Kata To-lang Po-hwang dapat dieja atas kata To yang berarti dalam bahasa Toraja, sedangkan lang-po-hwang adalah kepanjangan dari kata Lampung.

Teori lain mengenai asal usul nama Lampung berasal dari legenda. Di dalam buku karangan Dr R Broesma berjudul ‘De Lampongsche Districten’ tahun 1916, ditulis bahwa Residen Lampung yang pertama adalah JA du Bois.

JA du Bois pernah membaca buku berjudul ‘Sejarah Majapahit’ milik orang Indonesia di Telukbetung yang disimpan sebagai azimat.

Dalam buku itu diterangkan bahwa Tuhan menurunkan orang pertama ke bumi bernama Sang Dewa Senembahan dan Widodari Semuhun.

Mereka itulah yang menurunkan Si Jawa, Ratu Majapahit; Si Pasundayang, Ratu Pajajaran; dan Si Lampung, Ratu Balau. Kata Lampung berarti op het water drijven (terapung di atas air).

Di kalangan penduduk Lampung sub suku Pubian masih percaya mitos bahwa nenek moyang mereka adalah Poyang si Lampung. Dari kata inilah Lampung berasal.

Teori ketiga mengenai asal usul nama Lampung berasal dari legenda daerah Tapanuli. Menurut ceritera ini, pada masa yang telah silam meletuslah gunung berapi yang mengakibatkan terbentuknya Danau Toba.

Ketika gunung itu meletus, ada empat orang bersaudara yang menyelamatkan diri meninggalkan Tapanuli dengan cara berlayar menggunakan rakit.

Salah satu dari empat bersaudara itu bernama Ompung-Silamponga. Ia terdampar di Krui. Lalu naik ke dataran tinggi yang disebut Dataran Tinggi Belalau atau Sekala Berak.

Dari atas dataran tinggi, Ompung-Silamponga melihat daerah terhampar luas menawan hati. Saking kagumnya, Ompung-Silamponga teriak Lappung.

Kata Lappung dalam bahasa Tapanuli berarti luas. Sampai saat ini di kalangan suku Lampung asli, kata Lampung masih diucapkan Lappung.

Ada juga sebagian berpendapat kata Lampung berasal dari nama Ompung-Silamponga itu sendiri. Teori ini diperkuat adanya persamaan huruf Lampung dengan huruf Batak.

Itulah asal usul nama Lampung yang dikutip dari buku ‘Sejarah Daerah Lampung’ terbitan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Kantor Wilayah Provinsi Lampung tahun 1997/1998.

 

Sumber : Suara.com