Beranda Sumut Asosiasi Perangkat Desa se Indonesia Datang ke Sergai, Hal Ini yang Dibahas

Asosiasi Perangkat Desa se Indonesia Datang ke Sergai, Hal Ini yang Dibahas

85
0
Bupati Sergei menerima pengurus APDESI se Indonesia.(foto/ist)
Loading...

Buktipers.com – Sergai (Sumut)

Bupati Sergai Ir H Soekirman terima audensi kepengurusan Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI), bertempat di Ruang Audiensi Bupati, Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Jumat (11/1/2019).

Bupati dalam sambutannya menyambut baik terbentuknya kepengurusan APDESI tingkat Nasional, dan berharap hadirnya APDESI mampu untuk menciptakan sistem kerja dan strategi terukur asimetri, terutama dalam menjalin kerjasama antar desa se Indonesia.

“Saya berharap, dengan adanya kepengurusan APDESI ini, dapat memberikan pemahaman yang baik dan jujur kepada masyarakat, terutama dalam menyikapi berita palsu atau hoax yang semakin mengkhawatirkan, karena dampaknya dapat memecah belah persatuan dan kesatuan kita,” kata Bupati Sergei.

Memasuki Pemilu, yaitu Pilpres dan Pileg, katanya, adalah kebebasan dalam memilih, dan kita semua bekerja sesuai dengan programnya, namun bagaimanapun harus saling menghargai pilihan politik masing-masing, dan yang paling utama harus menjaga persatuan dak kesatuan.

Baca Juga!  Celah Keamanan Website Ombudsman ‘Jebol’, Penemunya Pelajar SMAN 1 Kisaran hingga Diapresiasi 

Bupati juga berpesan, APDESI dalam bekerja selalu mengikuti ketentuan administrasi dan hukum yang berlaku di negara Republik Indonesia.

“Hal ini agar jangan sampai para Kepala Desa tersangkut kasus hukum yang tentu akan mengecewakan masyarakatnya, serta menghambat program pembangunan yang telah direncanakan,” paparnya.

Saat ini katanya, Sergei menurut penilaian KPK menempati urutan pertama terbaik se-Sumut dalam pengelolaan keuangan dan sistem administrasi yang baik.

“Dengan demikian kita hendaknya jangan jumawa atas peraihan tersebut, justru semakin awas dan lebih berhati-hati lagi dalam segala langkah yang akan dilakukan.,” katanya.

Bangkitnya pembangunan desa-desa di Sergai, ujaranya lagi, optimis program pangan, pariwisata dan budaya (Pataya) tahun ini dapat segera kita diwujudkan, tentu akan membangun kebanggaan sebagai masyarakat Sergai ini.

Baca Juga!  YPDT Desak Pemerintah Cabut Izin Usaha KJA PT Aquafarm Nusantara

Para kepala desa juga diimbaunya untuk membenahi pemanfaatan BUMDes agar lebih maksimal, sehingga tepat sasaran.

“Pada sektor peningkatan kesejahteraan Kepala Desa, sangat didukung agar dilakukan pengkajian terhadap gaji Kepala Desa ditingkatkan sesuai UMR,” tukasnya.

Ketua APDESI Sergai, Muhammad Yunus, mengatakan, tujuan audiensi adalah silaturahmi dan mohon petunjuk serta saran dari Bupati Sergei selaku orang tua para Kepala Desa se-Sergai.

Kadis PMD Sergei, Drs Dimas Kurnianto MSi, mengatakan, melalui APDESI kiranya dijadikan langkah sinkronisasi program pembangunan mulai dari desa serta menangkal radikalisme, serta provokasi yang mungkin datang untuk memecah belah persatuan dan kesatuan, serta menjalankan amanat UU Desa dengan sebaik-baiknya.

Hadir dalam kesempatan itu, Bupati Sergai Ir H Soekirman, Wabup H Darma Wijaya, Asisten Pemerintahan Umum Drs Herlan Panggabean, Kadis PMD Drs Dimas Kurnianto, M.Si, Pengurus APDESI Sergai beserta jajaran.(ML.hrp/Rls)

Loading...