Aturan Waktu Pelantikan Wakil Walikota Siantar Tidak Diketahui

0
693
IMG_20170914_055246

BuktiPers.Com – Pematangsiantar (Sumut)

Setelah menang telak Togar Sitorus dalam pemilihan Wakil Walikota Siantar DPRD Kota Pematangsiantar akan menjalani tahapan selanjutnya.

Hal itu diungkapkan Oberlin Malau saat dikonfirmasi di Kantornya, Rabu (13/9/2017) mengatakan kalau tahapan selanjutnya hasil pemilihan akan dikirim ke Kementerian dalam Negeri melalui Gubernur, dan jika SKnya sudah keluar maka Kementerian akan mengirimkan SKnya ke Gubernur dan selanjutnya apakah Gubernur akan melantik Wakil Walikota di Medan atau di Siantar.

Saat ditanya mengenai limit waktu yang digunakan, Oberlin mengatakan kalau dirinya tidak mengetahui secara pasti, dan meminta agar dikonfirmasi ke Sekretaris Daerah. Dan menurutnya seharusnya dibuat limit waktu agar kesangsian kita tidak akan terjadi pelamaan waktu. Karena jika cepat dilantik maka wakil walikota akan dapat bekerja dengan cepat bersama walikota dalam menjalankan roda pemerintahan kota Pematangsiantar.

Sekretasis Dewan Kota Pematangsiantar Mahadin Sitanggang saat dikonfirmasi mengatakan kalau DPRD sedang melengkapi berkas hasil pemilihan wakil walikota yang dilakukan agar di kirim ke kementerian dalam negeri melalui Gubernur.

“Ini lagi pemberkasan, jika berkasnya sudah selesai hari ini, maka akan dikirim hari ini juga dan akan diupayakan secepatnya,” kata Mahadin.

Ditanya soal tenggang waktu Mahadin tidak dapat memastikan waktu yang paling lama dan tidak ada patokan waktu dalam aturan dengan yang terjadi di kota Pematangsiantar ini, dan tidak bisa dipastikan apakah UU Pilkada No 10 Tahun 2015 diterapkan yang mana peraturan tersebut KPU sebagai penyelenggara.

“Harapan kita secepatnya, tapi tidak bisa dipastikan apakah UU Pilkada No 10 tahun 2015 digunakan, dimana dalam UU tersebut waktu paling lama 10 hari. Dan itu kan KPU penyelenggaranya tapi kita akan upayakan juga agar dilantik secepatnya,” Kata Mahadin mengakhiri. (Rey/Red)