Badan Otorita Danau Toba Gelar Sadar Wisata di Monkey forest Nagori Sibaganding Parapat

0
608
Dijual Rumah

Buktipers.com – Simalungun (Sumut)

Dalam rangka mengembangkan atraksi alam dan menarik minat wistawan ke Danau Toba, Badan Otorita Danau Toba menggelar sadar wisata di lokasi Monkey (monyet) Forest Parapat Nagori Sibaganding Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Simalungun, Rabu (5/11/2018).

Turut hadir M. Tata Syafaat selaku tim dari BPODT, Camat Girsang Sipangan Bolon Boas Manik, Kapolsek Parapat AKP Bambang Priayatno, Zulfanuddin dalimunthe sebagai kabid Pariwisata Kabupaten Simalungun, Ester Tambunan kabid Pengembangan, Kepala Desa Sibaganding Martno wandi bakkara, Kelompok Sadar Wisata, Balai Kehutanan Aek Nauli.

Camat Boas Manik dalam sambutannya berterimakasih atas perhatian Badan Otorita Danau Toba (BODT) karena monkey forest Sibaganding Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Simalungun dijadikan sebagai tujuan pariwisata dengan harapan monkey dapat terpelihara dengan baik karena selama ini sudah turun ke jalan raya mencari makanan.

BODT melalui Direktur Destinasi Pariwisata M. Tata Syafaat menyampaikan Parapat pernah mengalami kejayaan yang amenitas dan atraksi alamnya perlu ditingkatkan, salah satunya monkey forest Sibaganding yang memiliki tiga jenis monyet yang dapat di jual ke wisatawan.

Dikatakannya dalam waktu dekat satu Bis Pariwisata bekerjasama dengan Damri dari Bandara Silangit direncanakan akan melalui Monkey Forest Parapat untuk membawa wisatawan dengan syarat boarding pass pesawat berlaku selama 5 hari.

“Selain fasilitas dan akomodasi modern, wistawan juga perlu ada flora dan fauna maka dari itu mulai sekarang kita perlu pembenahan dan pengelolaan dengan baik agar layak kita tunjukkan kepada wistawan,” ujarnya.

Balai Kehutanan Aek Nauli Sutrisno mengatakan selain monkey forest, Sibaganding juga memiliki potensi Wisata Gajah, peternakan lebah, jenis pohon hutan yang dapat di jual ke pariwisata dan pihaknya siap untuk mengawal wisatawan untuk memperkenalkan objek yang dimiliki di area hutan Aek Nauli.

Acara dirangkai dengan gotong royong dilokasi Monkey Forest, kata sambutan, diskusi saling memberi saran, pemberian makanan monyet dan pemberian bantuan makanan kepada pengelola Monkey Forest Dari BODT ke pengelola Ari Manik sebesar 5juta rupiah untuk di kelola berapa bulan kedepan.

Ari manik saat ditemui media online buktipers mengaku sangat senang dan masih menaruh harapan besar agar monkey forest dapat berjaya lagi seperti dulu.(Stg)

Editor: AndiGa