Bandara FL Tobing Siapkan Posko Pelayanan Terpadu Lebaran

0
347
Kepala Bandara FL Tobing Pinangsori, Farel Taripar Lumbantobing, ST MT. (Foto/Job Purba)
Dijual Rumah

Buktipers.com – Tapteng (Sumut)

Pengelola Bandara FL Tobing Pinangsori, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), menyiapkan posko pelayanan terpadu.

Posko pelayanan terpadu ini, mulai dioperasionalkan dari tanggal 29 Mei 2019 dan akan berakhir  10 Juni 2019 mendatang.

“Disamping untuk menjaga ketertiban, keamanan dan kenyamanan, posko pelayanan terpadu juga untuk tempat istirahat dan pelayanan informasi,” tutur Kepala Bandara FL Tobing Pinangsori, Farel Taripar Lumbantobing ST MT,  Selasa (4/6/2019).

Dalam pembentukan posko, pihaknya melibatkan sejumlah pihak.

Dengan harapan, kegiatan posko angkutan Lebaran 2019 ini berjalan lancar, aman dan terkendali, sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik kepada para penumpang.

“Posko pelayanan terpadu lebaran melibatkan unsur TNI, Polri dan tenaga kesehatan dari Pramuka,” imbuhnya, sembari menegaskan kesiapan pihaknya mengoptimalkan operasi bandar udara dengan sistem air nav.

Empat maskapai penerbangan yang beroperasi melayani penumpang yakni Garuda, Wings Air, Susi Air dan Citi Link.

Menyangkut ongkos, Farel menyebutkan, memberlakukan tarif angkutan udara sesuai dengan Reff KM 106 Tahun 2019 tentang tarif penumpang pelayanan kelas ekonomi angkutan udara berjadwal dalam negeri.

Untuk route Sibolga-Jakarta (Garuda) maksimal Rp 1.755.300 dan Sibolga-Medan (Citilink  dan Wings Air) maksimal Rp 790.765. Klasifikasi perhitungan tarif yakni, pesawat propeller (30 seat) No Frill = tarif jarak x 0.85% + PPN 10 % + IWJR 5.000 + PSC 20.000, dan pesawat jet full service = tarif jarak x 100 % + PPN 10 % + IWJR 5.000 + PSC 20.000.

Farel juga tidak menampik jika kenaikan tarif angkutan udara mempengaruhi animo masyarakat untuk mempergunakan jasa penerbangan. Namun lebih dari itu,  faktor transportasi lainnya yang sudah memadai juga menjadi salah satu faktor terjadinya penurunan penumpang.

“Dimana-mana terjadi penurunan. Untuk Bandara FL Tobing penurunannya sekitar 27 persen. Sebenarnya ngak jauh beda. Persentase kenaikan hanya sekitar 10 persen, jadi kita mengalami penurunan penumpang tahun 2019 ini sekitar 24 persen dari tahun sebelumnya,” ucap Farel.

(Job Purba)