Bangunan Rumah Sakit Merlung yang Baru Direnovasi Banyak Retak

0
570
Bangunan Rumah Sakit Merlung yang baru direnovasi banyak retak. (Foto/Jangcik)
Dijual Rumah

Buktipers.com – Tanjab Barat (Jambi)

Renovasi rumah sakit yang baru dibangun, di lahan hampir mencapai lima hektar lebih, dan direncanakan akan berdiri tiga puluhan lebih gedung mau dibangun, di Kecamatan Merlung, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi, layak dipertanyakan.

Proyek rumah sakit yang dikerjakan kontraktor itu, diduga asal jadi, dan pihak Konsultan maupun Pengawas juga tampaknya tutup mulut, seakan mereka tidak terlibat atas kondisi bangunan yang retak – retak itu.

Senin  (18/2/2019 ), lalu, Suib yang mengaku dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Tanjab Barat, mengatakan, kalau pihak PU sudah menyurati pihak Kontraktor, Namun pihak Kontraktor sama sekali tidak mengindahkan teguran PU itu.

Tapi kami dari pihak PU berjanji, semua bangunan yang retak pada gedung rumah sakit itu akan kami suruh diperbaiki, karena itu masih dalam perawatan, kata Suib.

Hifni dari Jaringan Pengawas Kebijakan Pemerintah (JPKP), sangat kesal melihat kondisi bangunan rumah sakit yang tidak senonoh atau diduga dikerjakan asal-asalan saja.

Bangunan Rumah Sakit Merlung yang baru banyak retak. (Foto/Jangcik)

Kondisi bangunan tersebut suatu saat bisa membahayakan bagi warga sekitar yang ingin berobat, dan ke kotoran sangat terlihat menjijikan di bagian atas, karena akibat atap banyak yang bocor. Kontraktor atau pemborong, jika ingin mencari untung, jangan cara begini. Ini bisa membahayakan bagi orang banyak, cetus Hifni, baru – baru ini.

Pengawas dari pihak Kontraktor yang kerap disapa Emeng, saat dikonfirmasi media ini, mengatakan, “kalau keretakan ini namanya retak rambut, itu bukan pecah namanya. Hal itu tidak begitu fatal sekali, semua keretakan yang kita lihat akan kita perbaiki ulang. Kami dari kontraktor berjanji akan membenahi semua kesalahan yang tidak terduga. Kami juga berharap semua gedung rumah sakit ini bagus tanpa ada terlihat keretakan lagi, “jelasnya.

Tapi nyatanya, pantauan wartawan di lapangan, Senin (4/3/2019), hingga saat ini bangunan rumah sakit yang terlihat megah itu belum juga ada perbaikan dari pihak Kontraktor. Seperti bangunan yang retak dan atap yang bocor.

Ketika dikonfirmasi kembali kepada Suib yang mengaku dari Dinas PU, hingga koni tak kunjung ada jawaban atas pengerjaaan proyek rumah sakit yang diduga asal jadi itu.

Sementara salah seorang warga Merlung yang enggan identitasnya dipublikasikan, kepada wartawan mengatakan, kalau pihak Kontraktor, Konsultan dan pihak PU, dulunya sudah pernah dapat teguran dari Zulkarnain, sebagai Camat Merlung.

Bahkan teguran dari Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Barat, H Safriyal,  sama-sekali tidak diindahkan oleh mereka, katanya.

(Jangcik)