Beranda Sumut Banjir Bandang di Sibaganding, Air Tumpah dari Gunung Menggerus Lumpur dan Kayu...

Banjir Bandang di Sibaganding, Air Tumpah dari Gunung Menggerus Lumpur dan Kayu Gelondongan

372
0
Lumpur dan kayu gelondongan yang hanyut terbawa luapan air dari gunung, hingga menutup jalan lintas Parapat-Siantar. (foto/stg/kolaseBP)

Buktipers.com – Simalungun (Sumut)

Banjir bandang menghantam kawasan jembatan Siduadua Sibaganding, Kota Parapat, Sabtu (15/12/2018) pagi. Luapan air datangnya bukan dari sungai, melainkan dari pegunungan yang tumpah bak air bah, menyebabkan sepanjang ruas jalan tertutup lumpur dan kayu balok yang hanyut tergerus air.

Lokasi banjir itu berada di jalan lintas sumatera (Jalinsum) Parapat-Pematangsiantar, persisnya di Jembatan Siduadua Sibaganding, Dusun Sualan, Nagori Sibaganding, Kecamatan Girsang Sipanganbolon, Kabupaten Simalungun.

Luapan air yang datang dari pegungungan itu menggakibatkan ruas jalan tertutup material, berupa lumpur, bebatuan dan kayu gelondongan yang trerseret luapan air itu.

Petugas kepolisian dan penanggulangan bencana dengan sigap dan cepat mendatangkan satu unit excavator untuk membersihkan lumpur dan kayu balok yang menutup jalan.

Baca Juga!  Pemuda di Madina Sumut Bacok Ibu dan Kakaknya

Kendaraan yang melintas terpaksa ekstra hati-hati dan mengurangi kecepatan. Sementara petugas kerja keras mengevakuasi material yang menutup di permukaan jalan, sedangkan jembatan yang berfungsi hanya satu.

Pejabat kecamatan setempat terlihat ikut turun memberikan bantuan, diantaranya, Camat Girsang Sipangan Bolon, Boas Manik dan Kanit Lantas Ipda M.Matondang, Kepala Desa Sibaganding Wandi Bakkara. Mereka mengimbau agar warga masyarakat terutama pengguna jalan agar selalu waspada saat melintas di lokasi itu.

Boas Manik mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam bencana banjir bandang itu. Khusus kepada yang bermiukim di bawah pegunungan dimintanya untuk meningkatkan keweaspadaan. (STG)

 

Editor : Maris

Loading...