Beranda Lintas Provinsi Banjir Bandang Landa 5 Kecamatan di Aceh Tenggara

Banjir Bandang Landa 5 Kecamatan di Aceh Tenggara

70
0
Sejumlah batang kayu terbawa arus banjir bandang di Aceh Tenggara, Kamis (28/3) malam. Foto: Dok. BPBA
Loading...

Buktipers.com – Aceh

Hujan lebat yang terjadi mulai sore hingga malam telah menyebabkan meluapnya air Sungai Lawe Kinga di Aceh Tenggara, Kamis (28/3) malam. Akibatnya lima kecamatan di Aceh Tenggara dilanda banjir bandang.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Teuku Ahmad Dadek, menyebutkan, kelima kecamatan yang dilanda banjir bandang di Kabupaten Aceh Tenggara adalah Kecamatan Semadam, Lawe Sumur, Bambel, Lawe Bulan dan Bukit Tusam.

“Banjir bandang telah berdampak terhadap 509 kepala keluarga dnegan 1.539 jiwa di Aceh Tenggara. Banjir bandang juga menyebabkan 398 rumah warga terendam,” sebut Dadek dalam keterangannya kepada jurnalis, Jumat (29/3) pukul 17.20 WIB.

Ia menjelaskan, ke-509 keluarga tersebut tersebar di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Simpang Semadam, Bambel dan Lawe Sumur.

Baca Juga!  Niat Ibadah Jumat Agung Bersama Istri Tidak Kesampaian, Ini Telepon Terakhir Aipda Stef pada Istri Sebelum Kecelakaan

Akibat banjir bandang di Kutacane itu, Dadek menyebutkan sebanyak 8 rumah warga mengalami rusak. Sebanyak 4 rumah warga dinyatakan rusak berat, dua rumah rusak sedang dan dua rumah rusak ringan.

“BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) setempat sudah mengerahkan dua alat berat ke Desa Kampung Baru Kecamatan Semadam dan Desa Kuta Lesung Kecamatan Lawe Sumur serta melakukan kaji cepat,” ujarnya.

Dadek menambahkan, belum diketahui korban jiwa dan jumlah pengungsi akibat banjir bandang itu. Hingga kini petugas dari berbagai unsur di lapangan masih terus bekerja melakukan pendataan.

Sumber : kumparan.com

Loading...