Banjir Bandang, Ribuan Rumah di Empat Lawang Terendam Lumpur, 2 Jembatan Putus

0
1
Warga mencari harta benda yang masih bisa digunakan dari dalam lumpur yang ditinggalkan banjir bandang. (Foto: Amri Wijaya)
Dijual Rumah

Empat Lawang, buktipers.com – Hujan dengan intensitas tinggi di Empat Lawang mengakibatkan banjir bandar menerjang. Akibatnya kerusakan parah terjadi di 13 desa di Kecamatan Pasemah Air Keruh, Sabtu (23/10/2021).

Ketika banjir bandang menerjang sempat terekam kamera handphone warga. Seperti detik-detik arus Sungai Air Keruh meluap yang mengakibatkan jembatan gantung yang baru dua tahun dibangun putus.

Begitu juga ketika air yang membawa lumpur dan kayu menerjang pemukiman warga. Terlihat dari video warga tidak dapat berbuat apa-apa kecuali berdoa.

Air yang membawa lumpur menggenangi permukiman warga dengan ketinggian mencapai 1 meter. Selain merendam ribuan rumah, ratusan hektare sawah juga rusak. Selain itu, hasil panen yang baru disimpan juga rusak dan hanyut diterjang banjir.

Camat Pasemah Air Keruh, Noperman mengatakan, berdasarkan data sementara ratusan rumah rusak, dua rumah hanyut di Desa Lawang Agung.

“Satu jembatan di Desa Lawang Agung dan satu jembatan di Desa Talang Padang juga putus,” katanya, Sabtu (23/10/2021).

Pantauan Sabtu sore, warga mulai membersihkan rumah dari lumpur, kayu dan sampah yang ditinggalkan banjir. Saat ini warga membutuhkan bantuan bahan makanan, air bersih serta pakaian.

 

Sumber : iNews.id