Banjir Kapuas Hulu Bikin Lumpuh Aktivitas, Pemda Belum Tetapkan Status Tanggap Darurat

0
1
Bupati Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir melihat situasi banjir yang melanda hampir seluruh wilayah, Selasa (15/9/2020). (Antara)

Kapuas Hulu, buktipers.com – Banjir yang melanda Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat makin parah hingga melumpuhkan aktivitas warga. Namun pemerintah daerah (Pemda) belum juga menetapkan status tanggap darurat.

“Kami belum mendapatkan angka pasti berapa rumah warga yang terendam banjir, karena kami masih fokus evakuasi dan kami menunggu laporan dari kecamatan untuk menentukan kajian status tanggap darurat,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas Hulu, Gunawan, Selasa (15/9/2020).

Gunawan mengatakan, BPBD telah meminta kecamatan memberikan data korban dan kerusakan agar bisa menjadi bahan pertimbangan BPBD mengusulkan penetapan status tanggap darurat kepada Pemda. Saat ini penanganan wilayah terdampak sama seperti korban banjir biasa.

“Jadi untuk status tanggap darurat kami masih menunggu data dari kecaatan dan perkembangan selanjutnya,” katanya.

Sementara itu Bupati Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir menyebut banjir di wilayahnya kini sudah menjangkau semua wilayah. Dia mengatakan, untuk saat ini pemerintah daerah masih menunggu data dari masing-masing kecamatan terkait data terdampak banjir.

Menurut Nasir, untuk menentukan langkah selanjutnya termasuk penetapan status tanggap darurat harus menunggu data sesuai aturan berlaku.

“Bantuan dari pemerintah itu tentu ada. Tetap menunggu data dari masing-masing kecamatan karena itu sesuai aturan,” katanya.

 

Sumber : iNews.id