Banjir Landa Desa Sibaro dan Simalas, Warga Minta Perbaikan Tanggul Jebol Diberonjong

0
420
Banjir di Desa Simalas dan Sibaro, Kabupaten Sergei. Terlihat warga korban banjir, menghindari dampak bahaya banjir itu..(foto/Irlans)
Dijual Rumah

Buktipers.com – Sergai

Curah hujan tinggi beberapa hari terakhir mengakibatkan Desa Siboro dan Desa Simalas, Kecamatan Sipispis, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergei) dilanda banjir bah.

Puluhan rumah dan tak sedikit lahan pertanian warga masyarakat di dua desa ikut terendam banjir yang tinggi permukaannya mencapai sekitar 50 cm.

Petugas kepolisian dari Polsek Sipispis, Aipda Yan Kamidin Situmorang selaku Intelkam bersama Kepala Desa Simalas Edi Parmen Saragih terlihat turun ke lokasi banjir di Dusun 3 Sindar Padang, Desa Simalas untuk memonitor banjir tersebut, sekalisgus membantu para korban, Rabu (10/10/2018) sekira pukul 12.30 Wib.

Keterangan diperoleh, banjir di dua desa itu diyakini akibat banjir kiriman dari luapan Sungai Sibarau seiring tingginya curah hujan dari daerah Kabupaten Simalungun.

Akibatnya, puluhan rumah penduduk, khususnya yang berada di sepanjang aliran Sungai Sibarau terendam air dengan ketinggian sekitar 50 cm.

“Ada sekitar 15 rumah warga yang terkena banjir untuk saat ini. Sampai sekarang, mereka belum menggungsi dan masih bertahan di rumah karena situasi masih aman dan kondusif,” sebut Aipda Situmorang.

Meski begitu, lanjut Situmorang, polisi bersama kepala desa mengimbau seluruh warga agar tetap waspada.

“Jika debit air bertambah, warga sebaikanya menggungsi ke tempat yang lebih tinggi ataupun ke posko,” tukasnya.

Masyarakat korban banjir kepada Buktipers.com mengatakan, banjir serupa bukan kali pertama terjadi, tapi sudah beberapa kali.

“Ini bukan yang pertama bang, tahun lalu juga kami kebanjiran. Harapan kami agar tanggul dapat secepatnya diperbaik,” pinta warga sembari menambabahkan.

Alat berat yang diturunkan Pemkab Sergei untuk memperbaiki tanggul jebol.(foto/Irlans)

Terpisah Kades Simalas, Kamis (11/10/2018) menjelaskan, Pemkab Sergai telah menurunkan alat berat untuk memperbaiki tanggul yang jebol.

Warga melalui Kades juga sangat mengharapkan, agar perbaikan tanggul yang akan dikerjakan menggunakan beronjong.

Selain itu, Kades dan warga juga menyampaikan terimakasihnya karena Pemkab Sergei langsung merespon dalam menananggulangi perbaikan tanggul itu.

“Pemkab Sergai saat ini sudah menurunkan alat berat untuk memperbaiki tanggul yang jebol,” tutupnya. (Irlans)

 

Editor : Maris