Banjir Rendam 10 Kecamatan di Aceh Timur, Ribuan Warga Mengungsi

0
1
Banjir di Aceh Timur (Dok BPBA)
Dijual Rumah

Aceh Timur, buktipers.com – Banjir luapan merendam sejumlah desa di 10 kecamatan di Aceh Timur, Aceh. Banjir menyebabkan ribuan warga mengungsi.

“Banjir terjadi sejak Sabtu sore kemarin akibat hujan deras yang mengguyur mulai Jumat,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Ilyas kepada wartawan, Minggu (27/2/2022).

Sejumlah daerah terendam banjir terletak di Kecamatan Indra Makmur sebanyak 8 desa, Kecamatan Julok 10 desa, Kecamatan Darul Aman sebanyak 9 desa, Ranto Peureulak 10 desa, dan Nurussalam 1 desa.

Selain itu, banjir di Peureulak Timur merendam 7 desa, Banda Alam 1 desa, dan Peudawa 3 desa. Banjir juga menggenangi 2 desa di Kecamatan Sungai Raya dan 5 desa di Kecamatan Madan.

Ilyas mengatakan pengungsi terbanyak akibat banjir ada di Kecamatan Julok sebanyak 1.466 jiwa dan Ranto Peureulak berjumlah 925 orang. Total pengungsi keseluruhan adalah 3.635 orang yang tersebar di delapan kecamatan.

Warga terdampak banjir memilih mengungsi ke sejumlah tempat, yakni meunasah, rumah keluarga, balai desa, serta Dayah Darul Huda. Air masih menggenangi sejumlah kecamatan.

“Dampak material banjir yaitu 8 meter badan jalan di Desa Blang Geulue Kecamatan Julok tergerus air. Selain itu, 30 meter badan jalan antar kabupaten di Desa Bhom Lama, Kecamatan Ranto Peureulak, amblas,” jelas Ilyas.

Petugas gabungan masih mendata dampak banjir serta mengevakuasi warga ke tempat pengungsi. Petugas dan warga juga mendirikan dapur umum di titik-titik pengungsian.

 

Sumber : detik.com