BBKSDA Sumut dan PT. TPL Adakan Pelatihan dan Survei Okupansi Harimau Sumatera

0
140
Ilustrasi Harimau Sumatera.
Dijual Rumah

Simalungun, buktipers.com –  PT. Toba Pulp Lestari, Tbk (TPL), bekerjasama dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Utara, mengadakan pelatihan dan survei okupansi Harimau Sumatera.

Kegiatan diawali dengan pelatihan yang dilaksanakan di Base Camp TPL Estate Aek Nauli selama 2 hari, mulai tanggal 22 November hingga 23 November 2019 dan  dilanjutkan dengan survei okupansi, sampai tanggal 6 Desember 2019.

Hotmauli Sianturi, Kepala BBKSDA Sumatera Utara, ketika membuka acara mengatakan, bahwa survei okupansi Harimau Sumatera ini, untuk mendapatkan data terkini sebaran Harimau Sumatera dan kondisi habitatnya, di Sumatera Utara. Sehingga dapat dijadikan dasar untuk intervensi yang akan dilakukan untuk tujuan pelestarian Harimau Sumatera di alam agar semakin berkembang dan populasinya tetap lestari, ujarnya.

Pemilihan lokasi survei didasarkan dengan mempertimbangkan sejarah konflik antara manusia dan Harimau Sumatera.

Keberadaan populasi Harimau Sumatera di Kabupaten Simalungun, terdeteksi pada Juli 2017, dimana seekor Harimau Sumatera dewasa, terjerat perangkap babi hutan, di areal perkebunan masyarakat Parmonangan Kabupaten Simalungun yang berbatasan dengan konsesi HTI TPL.

Ir Mangasi Sianipar MSi, selaku Senior Manager TPL, pada Departemen Enviromental Health Safety & Fire Protection mengatakan, bahwa perusahaan memiliki komitmen untuk melaksanakan konservasi ekosistem, perlindungan keanekaragaman hayati dan pengelolaan flora dan fauna dilindungi, di areal konsesi.

Perusahaan mendukung kegiatan survei okupansi Harimau Sumatera ini, karena kegiatan ini selaras dengan kebijakan lingkungan TPL dalam penerapan pengelolaan hutan produksi lestari, pungkas Mangasi.

(Stg)