Beranda Lintas Provinsi Beberapa Desa di Kecamatan Sungai Laur Terendam Banjir, Termasuk Kantor Polsek dan...

Beberapa Desa di Kecamatan Sungai Laur Terendam Banjir, Termasuk Kantor Polsek dan Koramil

223
0
Pemukiman warga dan termasuk kantor Polsek Sungai Laur dan kantor Koramil, serta akses jalan tampak terendam air.

Ketapang, buktipers.com – Tingginya intensitas curah hujan, dalam beberapa hari ini, di Kecamatan Sungai Laur, menyebabkan volume air naik dan merendam rumah warga, di beberapa desa di kecamatan tersebut, termasuk kantor Polsek Sungai Laur dan Koramil 05/1203 Ktp, Selasa (14/1/2020).

Adapun kondisi ketinggian air yang merendam 500 rumah warga, berkisar dari 50 cm -1,5 m dari permukaan tanah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ketapang, Yunifar, saat dikomfirmasi wartawan, mengatakan, banjir yang terjadi di Kecamatan Sungai Laur dikarekan intensitas curah hujan yang sangat tinggi.

Lanjutnya, volume air pun naik, sehingga meluap dan membanjiri pemukiman warga di beberapa desa, diantarnya, Desa Sepotong, Teluk Mutiara, Riam Bunut, Sukaramai, Mekar Harapan, Bengaras dan Sungai Daka.

Baca Juga!  Pelaminan Direndam Banjir, Tamu Dijemput Perahu Karet

Sambungnya,  warga masih bisa melakukan aktifitas seperti biasa dengan memanfaatkan fasilitas yang sudah dipersiapkan.

Dan BPBD akan segera memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak banjir, katanya.

Ditambahkannya, apabila terjadi kembali peningkatan curah hujan tinggi di wilayah Sungai Laur, maka dipastikan air akan semakin besar, dan penyurutan air akan terhambat, apabila Sungai Pawan, juga mengalami peningkatan volume air.

Sementara itu, Kapolsek Sungai Laur, IPTU Abdul Muhlis saat dikomfirmasi, membenarkan kalau saat ini, ada beberapa desa di wilayah Kecamatan Sungai Laur, terendam banjir dan termasuk Polsek Sungai Laur, beserta asrama anggota dan Koramil, dengan ketinggian air sekitar 10 cm dari lantai kantor atau 70 cm dari permukaan tanah.

Baca Juga!  Hilang 5 Hari, Mahasiswi di Bengkulu Ditemukan Terkubur dengan Kaki Terikat

“Sampai hari ini kondisi di beberapa dsa di Kecamatan Sungai Laur masih terendam air, termasuk kantor Polsek dan asrama anggota serta  Koramil,”ujarnya lagi.

Lanjutnya,  pihaknya membuat posko yang terletak di depan di pinggir jalan. Siang ini sedang dibuat dan besok udah bisa digunakan. Selain dijadikan posko pelayanan, tempat tersebut juga digunakan untuk posko penanggulangan bencana banjir yang terdiri dari Polsek, Koramil, BPBD, SAR, pihak Kecamatan dan juga pihak kesehatan, ungkapnya.

“Hingga saat ini berdasarkan hasil pengecekan tim yang terdiri dari TNI, Polri, BPBD, SAR, pihak Kecamatan dan Puskesmas, belum ada korban jiwa. Dan begitu juga dengan yang terkena penyakit akibat dampak dari banjir tersebut. Dan hari ini sudah mulai dibagikan bantuan kepada warga yang rumahnya terkena banjir,”ujarnya lagi.

Baca Juga!  Banjir Bercampur Lumpur Kembali Menerjang Sitio-tio Samosir

“Berdasarkan arahan dari Kapolres Ketapang, dan sudah dilakukan koordinasi bersama pihak PLN untuk memutuskan aliran arus listrik untuk mengantisipasi aliran listrik yang terendam yang dapat membahayakan keselamatan jiwa masyarakat, “tutupnya.

(AGS)

Loading...