Begini Cara Sindikat Pemalsu di Medan Dapatkan Data Calon Penerima Kartu Prakerja

0
1
Sindikat pemalsuan data Kartu Prakerja di Belawan. (Foto: istimewa)
Dijual Rumah

Medan, buktipers.com – Polisi menangkap enam anggota sindikat pemalsu data penerima manfaat bantuan Kartu Prakerja. Mereka adalah RVP (23) warga Rokan Hulu, NS (23) warga Rokan Hulu Riau, IR (25) warga Medan Marelan, AH warga Simalungun, AR (22) dan MSH (29) warga Deliserdang.

Dalam menjalankan aksinya, sindikat ini menggunakan data orang lain untuk didaftarkan sebagai penerima manfaat kartu prakerja. Bantuan Prakerja dengan nilai total Rp3,35 juta itu kemudian mereka terima di akun dompet digital yang sudah dipalsukan sindikat tersebut.

Kapolres Belawan AKBP Faisal Rahmat Husein Simatupang, mengungkapkan jika data-data pribadi yang digunakan sindikat tersebut untuk membuat Kartu Prakerja palsu didapatkan dari media sosial.

“Data mereka dapatkan dari medsos termasuk aplikasi Telegram,” ujar AKBP Faisal, Selasa (5/10/2021).

Sejauh ini kata Faisal, sindikat ini telah berhasil mengunggah sebanyak 1.000 data. Jumlah itu terbilang kecil jika dibandingkan total data yang mereka miliki untuk kemudian dipalsukan.

“Total mereka memiliki 19.424 data dan yang sudah diupload sekitar 1.000,” ucapnya.

Atas perbuatannya, para pelaku dijerat Pasal 35 atau 263 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dengan hukuman enam tahun penjara.

 

Sumber : iNews.id