Benny Tjokro Ditahan, Pengacara: Orang Jiwasraya yang Bertanggung Jawab Belum Diapa-apain

0
129
Pengacara Benny Tjokrosaputro, Muchtar Arifin di Gedung Bundar, Kejagung, Jakarta, Selasa (14/1/2020). (Foto: iNews.id/Irfan Ma'ruf)

Jakarta, buktipers.com – Kejaksaan Agung (Kejagung) langsung menahan Benny Tjokrosaputro dan Harry Prasetyo usai menjalani pemeriksaan kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Sebelum ditahan Kejagung terlebih dahulu menetapkan Benny dan Harry sebagai tersangka.

Pengacara Benny Tjokro, Muchtar Arifin mengaku kecewa dengan penetapan tersangka sekaligus penanahan terhadap kliennya. Dia meminta jaksa melakukan hal yang sama terhadap direksi Jiwasraya. Namun, dia tidak menjelaskan direksi saat ini atau periode sebelumnya.

“Bagaimana enggak kecewa, orang Jiwasraya saja yang seharusnya bertanggung jawab belum diapa-apain, ya direksinya dong,” katanya di Gedung Bundar, Kejagung, Jakarta, Selasa (14/1/2020).

Muchtar menjelaskan, kliennya mengajukan Medium Term Notes (MTN) alias surat utang jangka menengah sebesar Rp680 miliar pada 2015 dan tuntas setahun kemudian yakni 2016.

“Sudah clear semuanya, tidak ada masalah, makanya saya lihat kok aneh ya, nalar saya tidak nyambung penanganan seperti ini,” ujar mantan wakil jaksa agung ini.

Benny Tjokro ditahan usai menjalani pemeriksan sekitar pukul 09.00 WIB dan baru keluar pukul 17.0 WIB. Kejagung juga menetapkan mantan Direktur Keuangan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Harry Prasetyo sebagai tersangka, yang juga langsung ditahan.

Benny usai menjalani pemeriksaan, keluar sudah mengenakan rompi tahanan Kejagung. Begitu juga Harry, yang keluar dari Gedung Bundar Kejagung mengenakan rompi tahanan.

Kejagung menahan keduanya di Rutan Kejagung untuk 20 hari ke depan. Kejagung hari ini tidak hanya memeriksa Benny dan Harry, melainkan enam orang lainnya.

Mereka adalah Heru Hidayat (Presiden Komisaris PT Trada Alam Mineral Tbk (TRAM)), Meitawati Edianingsih (Institutional Equality Sales PT Trimegah Securities, Tbk), Hendrisman Rahim, Agustin Widhiastuti (Karyawan PT Asuransi Jiwasraya), Anggoro Seri Setiaji (Kepala Seksi Divisi Dana Pensiun Lembaga Keuangan PT Asuransi Jiwasraya) dan Mohammad Rommy (Kepala Bagian Pengembangan Dana PT Asuransi Jiwasraya).

 

Sumber : iNews.id