Bentrok Sengketa Lahan Kelompok Tani di Serdangbedagai, 3 Orang Terluka

0
19
Tangkapan layar saat demo bentrok dua kelompok tani di Serdangbedagai. (Foto: iNews/Wahyu Rustandi)
Dijual Rumah

Sergai, buktipers.com – Bentrokan akibat sengketa lahan antara petani dari Kelompok Tani Yasu Mandiri dengan gabungan kelompok tani (gapoktan) Naga Jaya terjadi Desa Naga Kisar, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdangbedagai, Sumatera Utara, Minggu (8/11/2020) sore.

Dalam kejadian ini, tiga petani luka-luka, satu di antaranya luka berat dan dilarikan ke Rumah Sakit Umum (RSU) Melati. Almurd Tarigan salah satu petani mengatakan, awalnya mereka sedang berladang seperti biasa.

Ketika itu anggota gapoktan datang dan langsung menanam bibit mangrove di lahan sawah yang selama ini dikelola petani Desa Naga Kisar.

Tak terima lahan pertanian mereka ditanami mangrove, para petani kelompok Yasu Mandiri protes hingga adu mulut. Ketegangan itu berujung pada bentrokan fisik.

“Mereka orang-orang gapoktan bawa senjata tajam. Ada tiga petani yang terluka, satu orang luka parah,” katanya, Minggu (8/11/2020).

Saat ini suasana di areal tanah sengketa sudah mulai terlihat kondusif. Kasus bentrokan tersebut sudah ditangani Polsek Pantai Cermin.

Diketahui, kedua kelompok ini sudah bersengketa di atas lahan tersebut sejak tiga tahun terakhir. Luas lahan sengketa mencapai sebesar 375 hektare dan perkaranya masih berlangsung di Pengadilan Negeri Sei Rampah.

 

Sumber : iNews.id