Berbuka Puasa di Masjid Jamik “Bedagai” yang Dibangun Tahun 1880, Bubur Pedas dan Roti Jala Menjadi Makanan Khas

0
46
Suasana berbuka puasa di Masjid Jamik "Bedagai" yang Dibangun Tahun 1880.
Dijual Rumah

Sergai, buktipers.com – Bubur pedas dan roti jala, keduanya merupakan menu makanan khas berbuka puasa di Masjid Jamik atau biasa yang disebut Masjid Jamik Isma’Iliyah Bedagai, yang berada di Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Provinsi Sumatera Utara.

Hal ini diungkapkan oleh salah seorang pengurus masjid bernama Mawardi (61).

Menu berbuka puasa bersama di Masjid Jamik yang dibangun pada tahun 1880 ini, Mawardi mengatakan, bahwa setiap menu yang disajikan, berasal dari masyarakat sekitar yang memberikan secara ikhlas dan bergantian selama bulan suci Ramadhan.

“Pertama itu ada beberapa masyarakat tertentu memberikan bukaan secara bergantian. Dari pemberian menu buka bersama itu, yang selalu ada tiap tahunnnya yaitu, bubur pedas, dan roti jala,” ujar Mawardi, Minggu (10/4/2022).

Kemudian, selain kegiatan berbuka puasa bersama, Masjid Jamik juga melakukan kegiatan lainnya seperti, Sholat Tarawih berjamaah, tadarus, pengajian, dan ceramah agama.

“Kegiatan salat Tarawih kita di sini 23 rakaat. 20 rakaat sholat Tarawih dan tiga rakaat sholat witir,” ujar Mawardi.

Masjid Jamik “Bedagai” yang Dibangun Tahun 1880.

Seperti beberapa tahun yang lalu, sebelum puasa biasanya juga ada kegiatan ceramah dari ustad-ustad lokal maupun dari mancanegara di Masjid Jamik.

“Pernah waktu itu kalau tidak salah ada penceramah ustadz dari Mesir dan beberapa negara lainnya,” ujar Mawardi.

Sementara itu, menjelang bulan Ramadhan, pengurus Masjid Jamik juga mengadakan kegiatan pawai obor.

“Jika diizinkan polisi tahun ini, malam hari raya Idul Fitri biasanya ada arak-arakan mobil hias sambil berkeliling melakukan takbiran,” ujar Mawardi lagi.

Sedangkan, dua tahun belakangan ini, Mawardi menambahkan, kegiatan pawai obor tidak ada, karena virus Covid-19 yang melanda.

“Dan pawai obor pun tahun ini baru ada lagi. Tahun 2020 dan Tahun 2021 tidak ada,” tutup Mawardi.

 

(ML.hrp)