Bersyukur Jenazah Eril Ditemukan, Jokowi Perintahkan Kemenlu dan Dubes Bantu Kepulangan

0
3
Presiden Jokowi (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Dijual Rumah

Jakarta, buktipers.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut bersyukur jenazah anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yakni Emmeril Kahn Mumtadz telah ditemukan. Emmeril (Eril) sebelumnya tenggelam di Sungai Aare, Bern, Swiss beberapa waktu yang lalu.

“Alhamdulillah sudah ditemukan,” ujar Jokowi kepada wartawan, Jumat (10/6/2022).

Jokowi langsung memerintahkan Kementerian Luar Negeri dan Duta Besar Indonesia untuk membantu secara maksimal kepulangan jenazah Eril.

“Saya sudah perintahkan kepada Kementerian Luar Negeri, kepada Dubes untuk secara maksimal membantu kepulangan jenazah dari Swiss ke Indonesia. Kita harapkan insya Allah bisa segera terlaksana pemulangan jenazahnya,” kata Jokowi.

Jokowi secara pribadi sudah menyampaikan duka citanya kepada Ridwan Kamil atas musibah tersebut.

“Ya saya sudah 2 hari yang lalu saya sudah berkomunikasi dengan Pak Ridwan Kamil untuk menyampaikan duka cita yang mendalam,” katanya.

Sebagaimana diketahui, penemuan jasad Emmeril Kahn tersebut dipastikan setelah pihak Kepolisian Bern melakukan tes DNA terhadap jasad yang ditemukan pada Rabu (8/9/2022) pagi waktu Swiss.

“Pada kesempatan malam hari ini, saya ingin menyampaikan kabar bahwa kemarin kepolisian Bern bertemu kami dan keluarga di KBRI Bern untuk menyampaikan informasi awal penemuan jasad yang diduga ananda Eril (Emmeril Kahm Mumtadz) yang ditemukan pada pukul 06.50 pagi waktu Swiss atau 11.50 WIB,” ungkap Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia (RI) untuk Swiss, Muliaman Hadad dalam konferensi pers virtual, Kamis (9/6/2022).

Menurut Muliaman, sesuai prosedur yang berlaku, tim forensik setempat melakukan identifikasi dan penelusuran untuk memastikan jasad yang ditemukan itu benar Emmeril Kahn Mumtadz.

“Pada hari Kamis 9 Juni 2022 siang waktu Swiss, pihak kepolisian menyampaikan konfirmasi bahwa berdasarkan tes DNA bahwa jasad tersebut adalah benar ananda Eril,” kata Muliaman.

Jenazah Emmeril pun diharapkan tiba di Tanah Air, akhir pekan ini untuk kemudian dimakamkan sesuai syariat Islam. Pihak keluarga memastikan, akan segera menyempurnakan hak Emmeril sebagai muslim dengan tetap menjaga kehormatan kondisinya.

“Selaku keluarga akan menerima almarhum Eril (Emmeril) untuk kemudian kami akan menyempurnakan hak Eril sebagai muslim. Apabila dia wafat, hendaklah dia diantarkan, disucikan, dishalatkan, dan diantarkan untuk dimakamkan sesuai syariat Islam sejauh yang memungkinkan dengan tetap menjaga kehormatan kondisinya,” tutur Elpi Nazmuzzaman, paman Eril.

 

Sumber : Okezone.com