BKSDA Lepas Liarkan Harimau Pemangsa Ternak Pakai Helikopter demi Keamanan Petugas

0
3
Harimau Sumatera pemangsa ternak warga di Merangin akan dilepas liarkan ke Hutan TNKS menggunakan helikopter. (Foto: ist)
Dijual Rumah

Jambi, buktipers.com – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jambi merencanakan akan segera melepasliarkan Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae) sehabis lebaran.

Harimau pemangsa ternak warga di Merangin ini akan dilepas di kawasan Hutan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) Jambi.

Kepala BKSDA Jambi Rahmad Saleh mengatakan, harimau Sumatera tersebut telah memangsa 11 ekor kambing dan 2 sapi warga Desa Nalogedang dan Desa Baru Nalo di Kabupaten Merangin, Jambi. Petugas menangkapnya setelah harimau masuk perangkap.

Menurutnya, saat pelepasliaran tidak melalui jalur darat, tetapi lewat udara. “Saat pelepasliaran harimau akan menggunakan helikopter untuk kembali ke hutan agar petugas bisa tetap aman. Nanti helikopternya akan menggantung di udara,” ujarnya di lokasi tempat penyelamatan satwa (TPS) BKSDA Jambi, Rabu (27/4/2022).

Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo menambahkan, konflik antara manusia dan harimau Sumatera ini akibat hutan sebagai tempat habitatnya telah dialih fungsikan manusia. Harimau terpaksa masuk ke perkampungan untuk mencari makan.

“Rumahnya ini sudah tidak ada lagi, sudah habis dijarah manusia dijadikan kebun semua,” katanya.

Dia menilai, yang pasti harimau ini harus tetap hidup di habitatnya.

“Kami lakukan perawatan terlebih dahulu sebelum dilepas liarkan kembali ke hutan,” ucapnya.

Sebelumnya, BKSDA Provinsi Jambi memastikan kondisi harimau jantan yang masuk ke dalam box trap di Desa Nalogedang, Kabupaten Merangin dalam kondisi sehat.

Hasil pemeriksaan petugas, body condition score 3,5 (dari 5), artinya masih dalam keadaan sangat baik. Kemudian hasil pemeriksaan fisik serta observasi HS sangat layak untuk dilepas liarkan ke habitatnya. “Kondisinya dalam keadaan sehat dan bugar.

Setelah dilakukan pengecekan kesehatan, kondisi harimau tersebut sudah siap dilepas liarkan,” ucapnya.

Informasi satwa harimau :

Jenis kelamin : jantan

Usia : sekitar 8-10 tahun

Berat badan : 110 kg

Kondisi : sehat

Panjang keseluruhan :217 cm

Panjang taring atas : 6.2 cm

Panjang taring bawah 3,5 cm

 

Sumber : iNews.id